Ini Yang Terjadi Bila Bekerja di Malam Hari

Serba-Serbi Sehat / 13 August 2009

Kalangan Sendiri

Ini Yang Terjadi Bila Bekerja di Malam Hari

Budhi Marpaung Official Writer
7506

Bagi Anda yang suka bekerja lembur atau shift ada baiknya membaca artikel yang satu ini. Menurut ilmu kesehatan medis, melakukan beraktivitas/bekerja di malam hari dapat mengganggu kesehatan tubuh seseorang.

Salah satu alasannya adalah waktu tidur dari malam hari tidak bisa digantikan menjadi pagi atau siang hari. Demikian ungkap dokter Andreas Prasadja, RPSGT, ahli tidur dari Sleep Disorder Clinic, RS Mitra Kemayoran Jakarta.

Menurut dr Andreas, kemampuan tubuh di malam hari sebenarnya tidaklah sekuat seperti pagi atau siang hari. Hal ini akan berpengaruh kepada analisa dan konsenterasi seseorang yang tidak akan maksimal.

Selain itu, lanjutnya, tidur di malam hari akan membantu bekerjanya hormon-hormon yang di dalam tubuh diantaranya ada hormon melatonin (hormon yang hanya diproduksi saat gelap) dan hormon pertumbuhan yaitu hormone yang sangat berperan dalam proses peremajaan sel. Itu sebabnya jika kualitas tidur tidak baik, orang akan terlihat cepat tua.

Berdasarkan informasi dari International Classification of Sleep Disorder, pekerja shift berisiko lebih tinggi untuk menderita penyakit kardiovaskular dan pencernaan. Bekerja di malam hari juga mengacaukan waktu bersosialisasi yang dapat memengaruhi kesehatan jiwa seseorang.

Untuk mengatasi masalah bagi Anda yang sering kali lembur atau bekerja shift, disarankan agar mengatur waktu tidur dengan baik. Kenalilah tubuh Anda. Kalau tubuh Anda sudah meminta untuk diistirahatkan, lakukanlah. Untuk yang tidak dapat bekerja dengan diselingi tidur, manfaatkan waktu yang Anda sehabis kerja shift untuk beristirahat, tetapi jangan juga berlebihan.

Wah..ternyata banyak sekali resiko yang harus dialami oleh mereka yang bekerja di malam hari. Apakah Anda termasuk dalam orang-orang yang disebut dalam artikel ini? Jika iya, mulai jalankan solusi yang diberikan dalam artikel diatas. Dengan melakukannya berarti Anda menjaga kesehatan tubuh Anda yang berarti juga bahwa Anda  menghargai kehidupan yang sudah Tuhan berikan dalam kehidupan Anda.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami