Tips Jitu Shopping Sambil Menabung

Investment / 9 August 2009

Kalangan Sendiri

Tips Jitu Shopping Sambil Menabung

Tammy Official Writer
3628

Pasti Anda pernah mengalami kondisi tagihan kartu kredit belum terbayar. Big Sale di depan mata, tapi dompet tak lagi bisa dikuras. Santai! Hanya dengan 10 Tips dibawah ini, hidup Anda akan lebih tenang:

1. Penggunaan Kartu Kredit. Jangan gunakan semua kartu kredit Anda dalam bulan yang sama. Pilih salah satu, dan simpan yang lainnya. Misalnya, Anda punya 2 kartu kredit (Visa dan Master Card). Pada bulan ini, gunakan Visa Anda dan simpan Master Card. Di bulan berikutnya, simpan Visa dan gunakan Master Card. Pembayaran tagihan lakukan seperti biasa (tidak mengurangi jumlah pembayaran pada kartu yang disimpan).

2. Catatan Kecil. Simpan buku catatan kecil dan alat tulis di dalam kantong tas yang mudah dijangkau. Catat setiap pengeluaran sekecil apa pun. Termasuk belanja air mineral di warung rokok pinggir jalan. Catatan ini akan selalu mengingatkan Anda bahwa setiap receh yang keluar, namanya tetap pengeluaran.

3. Budget Bulanan. Saat gajian, jangan membuat budget bulanan. Akan lebih efektif membuat rencana yang lebih panjang. Misalnya, Anda berniat pada akhir tahun kartu kredit lunas. Maka rencanakan berapa pembayaran tiap bulan yang harus anda lakukan. Termasuk mengatur berapa jumlah yang bisa dibelanjakan untuk tiap bulannya. Jadi, kapan dan berapa rupiah yang akan Anda pakai untuk shopping, bisa direncanakan pula.

4. Belanja. Pada saat Anda tidak tahan untuk belanja (siapa yang tahan godaan big sale?), gunakan uang cash yang ada di dalam dompet. Hal ini otomatis menahan Anda belanja lebih banyak dari jumlah yang yang Anda punya.

5. Kebiasaan Baru. Tahu tidak bahwa Anda bisa belanja sambil bisa menabung. Ketika Anda memutuskan untuk membeli sepatu, misalnya, tapi ukuran Anda tidak ada, maka simpan 50% uang yang tidak jadi Anda keluarkan tersebut di salah satu kantung dalam tas. Jadikan hal ini kebiasaan baru.

Shopping Hemat6. Mengurangi Porsi. Cara ampuh lain adalah belajar mengurangi porsi. Anda hobi ngopi berjam-jam? Tidak perlu dikurangi. Tetap jalankan kebiasaan itu. Anda hanya perlu mengurangi jumlah order kopi. Kalau biasanya sekali nongkrong Anda menghabiskan 2 gelas kopi dan 2 jenis makanan kecil, maka mulai sekarang Anda cukup memesan segelas kopi dan satu jenis cemilan. Uang yang seharusnya Anda keluarkan untuk memesan gelas kopi dan makanan kecil kedua itu, segera masukkan ke salah satu kantung dalam tas Anda.

7. Tempat Penyimpanan Uang. Setiap malam sebelum tidur, bongkar kantung dalam tas Anda. Keluarkan semua uang yang hari itu berhasil Anda selamatkan, masukkan ke dalam kotak/laci di dalam lemari yang cukup sulit Anda jangkau.

8. Memotong Gaji. Biasakan memasukkan uang dalam jumlah tertentu, setiap hari, ke dalam amplop. Simpan dalam laci. Amplop ini bisa di bongkar sekitar 5 hari sebelum gajian. Biasanya pada hari-hari itu Anda mulai merasa miskon berat, kan?

9. Masukkan ke Bank. Begitu hari gajian, segera keluarkan "tabungan" yang Anda simpan dalam kotak/laci itu, tambahkan 5% dari penghasilan, lalu segeralah masukkan ke bank.

10. Tabungan Berjangka. Ikut tabungan berjangka bisa menjadi pilihan. Tabungan jenis ini menawarkan Anda untuk menabung setiap bulan dengan jumlah tertentu, yang baru bisa diambil pada jangka waktu tertentu. Selain itu, Apabila gaji Anda melalui Bank, gunakan layanan autodebet pada gaji Anda tersebut, sehingga setiap bulan -tanpa Anda sadari- gaji Anda akan dipotong otomatis untuk dimasukkan ke dalam rekening khusus tabungan Anda. Dengan tabungan berjangka dan autodebet, Anda dipaksa menabung tanpa bisa berkelit.

Sumber : tipsanda.com
Halaman :
1

Ikuti Kami