Orang Lebih Percaya pada Pelacur daripada Pejabat

Nasional / 4 August 2009

Kalangan Sendiri

Orang Lebih Percaya pada Pelacur daripada Pejabat

Lestari99 Official Writer
4580

Edannya dunia zaman sekarang sepertinya tidak ada habisnya. Hasil sebuah survei lewat internet yang diadakan oleh Pusat Penelitian majalah Xiaokang, Cina, atas lebih dari 3.000 responden menunjukkan pelacur lebih dapat dipercaya dibandingkan pejabat pemerintah. Profesinya boleh hina, namun ternyata kredibilitasnya diakui. Survei ini digelar sepanjang bulan Juli-Juli yang lalu.

The China Daily mengomentari hasil jajak pendapat ini dan merasa prihatin sekaligus terkejut dengan hasilnya yang sangat diluar dugaan. Pekerja seks secara tak terduga menduduki peringkat terhormat. Kejadian ini merupakan hal yang tidak biasa di Cina. Namun ketidakpercayaan masyarakat kepada kaum elit politik dapat dimaklumi seiring munculnya sejumlah skandal yang menimpa para kaum elit tersebut. Namun paling tidak mereka tidak terjerumus ke kelompok yang paling tidak dapat dipercaya, yang sampai saat ini dipegang oleh developer real estate, sekretaris, agen, penghibur dan direktur.

Profesi yang diakui kredibilitasnya dan dianggap sangat dapat dipercaya dipegang oleh petani di urutan pertama dan pemuka agama di urutan kedua, lalu diikuti oleh pelacur di urutan ketiga. Di bawah PSK ada tentara dan mahasiswa sebagai orang yang layak dpercaya. Pejabat pemerintah, ilmuwan, dan guru menduduki peringkat bawah sebagai orang yang tidak layak dipercaya.

Bila hasil survei ini menggambarkan kondisi masyarakat Cina yang sesungguhnya, ironis sekali kondisi yang harus mereka benahi saat ini. Karena orang-orang yang seharusnya menjadi teladan malah menempati posisi bawah sebagai orang yang dapat dipercaya. Tak heran kebobrokan moral semakin merajalela.

Sumber : VIVAnews / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami