Sepasang Kekasih Tunarungu Keliling Nusantara Dengan Sepeda

Nasional / 2 August 2009

Kalangan Sendiri

Sepasang Kekasih Tunarungu Keliling Nusantara Dengan Sepeda

Budhi Marpaung Official Writer
3407

Mungkin apa yang dilakukan Yunara (34) dan Rahma Anggraeni Chibro (29) dapat menginspirasi Anda dan pasangan dalam menjalani hidup ini. Yunara dan Rahma adalah sepasang suami-istri yang akan berkeliling Indonesia dengan hanya menggunakan sepeda.

Dalam pertemuan dengan Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri di Gedung Rektorat UI, Jumat 31 Juli 2009, Rahma menyatakan bahwa ia dari dulu berkeinginan keliling Indonesia untuk mengenal ragam kebudayaan yang ada di negerinya ini.

Dengan menggunakan bahasa isyarat, Rahma terlihat tanpa canggung berkomunikasi dengan orang nomor satu di Universitas "Jaket Kuning' tersebut. Sebagai informasi, Yunara dan Rahma memiliki kekurangan dalam pendengaran (tunarungu), sehingga tiap berkomunikasi dengan orang lain, mereka harus melakukannya dengan bahasa isyarat.  

Rektor Gumilar Rusliwa yang menerima kedatangan kedua pasangan ini mengatakan agar mereka memperbanyak silahturahmi dengan orang dan tokoh yang di daerah yang dikunjunginya. Gumilar juga mengingatkan agar mereka berdua ingat akan misinya mereka juga, yakni menciptakan sensitivitas masyarakat dan pengambil kebijakan di daerah, untuk lebih peduli kaum yang memiliki kemampuan terbatas.

Sementara itu, Ketua Komunitas "Bike to Work Indonesia" Toto Sugito mengatakan, pasangan suami-istri tersebut memiliki semangat untuk mewujudkan impian mereka, walau memiliki modal yang sangat minim. Untuk menghindari kecelakaan dalam berkendara di jalan raya, lanjut Toto, sepeda Yunara dan Rahma akan diberi tanda keselamatan berupa tulisan tuna rungu.

"Ini penting untuk keselamatan mereka karena mereka tidak dapat mendengar dan berbicara," katanya.

Menurut rencana, Yunara dan Rahma akan memulai perjalanannya dari Jakarta menuju Tangerang, Serang, Cilegon, Merak, Lampung, Palembang, Bengkulu, dan berlanjut ke pulau-pulau lain di Indonesia.

Sebelum menjalankan niatnya tersebut, kedua pasangan mengutarakan keinginannya bertemu Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Adhyaksa Dault di Jakarta. Sampai berita ini ditulis, belum diperoleh kepastian apakah hal tersebut akan terwujud.

Kedua pasangan yang memiliki kelemahan dalam fisiknya tersebut memperlihatkan kepada kita bahwa impian itu harus diwujudkan, apa pun keadaannya. Apabila Anda Anda saat ini adalah orang yang memiliki tubuh yang lengkap, teladanilah pasangan suami istri ini. Jangan mudah putus asa, raihlah mimpi dan wujudkan mimpi tersebut dalam kehidupan Anda ketika Anda masih ada di bumi ini.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami