Ungkap Diskriminasi di Iran, Zahra Buat Sebuah Film

Internasional / 2 August 2009

Kalangan Sendiri

Ungkap Diskriminasi di Iran, Zahra Buat Sebuah Film

Budhi Marpaung Official Writer
6975

Kisah mengenai seorang wanita Iran yang menghadapi penyiksaan dan kematian telah dibuat di dalam sebuah film yang diberi judul ‘The Stoning Soraya M.'

Sang kreator film ini, Zahra berharap film ‘The Stoning Soraya M.' dapat membuka mata dunia akan praktik brutal para pria Iran di negaranya. Zahra adalah seorang wanita Iran yang mana kehilangan seorang keponakan perempuan karena mati dilempari batu (dirajam).

Zahra bertemu dengan seorang jurnalis asal Perancis dan dirinya membeberkan tradisi di desanya yang tidak berpihak kepada kaum wanita.  

Alur cerita adalah kekuatan dari film yang disutradarai Cyrus Nowrasteh ini.

"Pada masa modern Iran sekarang ini, korban yang dirajam adalah mereka yang didakwa melakukan suatu kejahatan. Biasanya kejahatan yang dimaksud adalah  berhubungan dengan kejahatan orang dewasa atau kejahatan seksual, dimana hukumannya adalah dirajam," jelas Nowrasteh. "Dan biasanya yang menjadi korban adalah wanita."

Dalam film tersebut yang menjadi korban adalah Soraya. Dikisahkan, suami Soraya, Ali, ingin mencampakkannya dan menikah dengan seorang gadis berusia 14 tahun. Kemudian pria ini menuduh Soraya melakukan kesalahan, yakni berselingkuh. Padahal hal itu tidak pernah dilakukan Soraya. Sebagai hukumannya, tubuh wanita ini harus dipendam ke dalam tanah hingga sebatas pinggang, lalu para pria di desa tersebut melemparinnya dengan batu.

Kisah ini adalah cerita nyata yang diambil dari sebuah buku paling laris di Internasional pada tahun 1994.

Film ‘The Stoning Soraya M.' sendiri akan menampilkan Jim Caviezel sebagai salah seorang pemainnya. Jim mengungkapkan mengapa dia mau bermain karena cerita film yang akan dimainkannya ini menarik. Ia mengungkapkan dirinya sungguh senang bisa bermain dalam film mengenai mengubah keadaan yang gelap dan penuh ketidakadilan menjadi terang.

Berdasarkan laporan yang ada, diperkirakan ada 1000 wanita di berbagai negara yang mati karena hukuman rajam (dilempari batu) dalam 15 tahun ini, diantaranya adalah Iran, Nigeria, Irak, Afganistan, dan Pakistan.

Menarik ditunggu nih seperti apa filmnya dan kira-kira bisa tidak ya ditayangkan di Indonesia seperti ‘Passion Of The Christ' beberapa tahun lalu? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

Sumber : cbn.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami