Kurangi Email, Komunikasi Verbal Perlu

Career / 31 July 2009

Kalangan Sendiri

Kurangi Email, Komunikasi Verbal Perlu

agnes.faith Official Writer
2357

Apakah Anda pernah ada di situasi tidak tahu apa yang perlu dibicarakan bila bertemu dengan rekan kerja atau bahkan klien Anda? apakah Anda lebih senang memakai email untuk membalas sapaan daripada menekan tombol telepon dan menelepon dan benar-benar mengobrol? Anda tidak sendirian di kantor.

Banyak dari Anda membangun hubungan kerja dengan banyak orang. Secara personal ataupun professional. Setiap pembicaraan Anda menggambarkan siapa diri Anda. Ada beberapa hal yang Anda harus perhatikan bila ingin berbicara dengan orang lain atau klien Anda:

  • Perkenalkan nama lengkap Anda dan jangan lupa nama perusahaan Anda bekerja.
  • Bila Anda makan malam dengan banyak orang, usahakan untuk memperkenalkan diri Anda pada orang di sebelah Anda. kalau perlu Anda duduk disebelah orang yang belum Anda kenal, untuk memperluas networking Anda.
  • Bila Anda harus memperkenalkan klien atau tamu Anda, jangan lupa Anda juga harus memperkenalkan secara lengkap.
  • Sebelum Anda pergi ke suatu acara, baik itu sosial atau bisnis, ada baiknya Anda mempersiapkan bahan pembicaraan seperti tentang buku, berita, film atau apapun yang sedang marak saat-saat ini. tentu saja Anda tidak mau terlihat tidak tahu apa-apa saat ditanya banyak hal.
  • Bangun hubungan yang baik dulu dengan orang lain dan kenali orang lain terlebih dahulu. Dengan begitu mereka dapat melihat bahwa Anda memperhatikan apa yang sedang ia kerjakan. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap Anda.
  • Perhatikan setiap batasan. Jangan sampai karena terlalu antusiasnya, Anda malah terkesan memaksa orang lain untuk mendengar produk Anda.
  • Perhatikan setiap kata-kata yang orang lain ucapkan, jangan menyela pada saat mereka sedang berbicara. Dengan prinsip 80% mendengarkan dan 20% berbicara.
  • Mendengarkan dengan seksama, tersenyum dan lakukan kontak mata dengan baik.
  • Pelajari 5 kata pertanyaan seperti apa, siapa, kapan, dimana dan bagaimana.

Dengan modal berbicara dengan baik, maka Anda dapat bertemu dengan siapa saja dan tetap percaya diri. Yakinkan bahwa Anda bisa berkomunikasi dengan baik dan membangun hubungan positif dengan banyak orang untuk kepentingan perusahaan dan bahkan personal Anda.

Sumber : www.savvymiss.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami