Awas, Polusi Udara Bikin IQ Anak Rendah

Serba-Serbi Sehat / 27 July 2009

Kalangan Sendiri

Awas, Polusi Udara Bikin IQ Anak Rendah

Tammy Official Writer
5481
Polusi Udara - Kesehatan BayiBuruknya kualitas udara di perkotaan diduga kuat berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak. Ibu hamil yang sering menghirup udara yang tercemar beresiko tinggi melahirkan bayi yang memiliki tingkat IQ rendah.

Penelitian yang dilakukan tim dari Columbia Centre for Children's Environmental Health menunjukkan hal tersebut. Dalam risetnya para ahli meneliti 249 anak yang semasa hamil ibunya tinggal di kota New York. Di bulan-bulan terakhir kehamilannya, para ibu hamil itu mengenakan tas monitor kualitas udara.

Para responden tersebut mayoritas tinggal di daerah pinggiran yang miskin, di bagian utara Manhattan dan South Bronx. Mereka terpapar oleh berbagai polusi udara, seperti dari knalpot kendaraan dan alat buangan gas.

Setelah anak-anak tersebut berusia 5 tahun dan mulai masuk sekolah, mereka diminta mengikuti tes IQ (intelligence quotient). Ternyata, anak yang saat hamil ibunya paling banyak terpapar polusi memiliki nilai IQ 4-5 poin lebih rendah dibandingkan anak yang kurang terkena polusi.

Dr.Michael Msaal, dokter spesialis anak dari Universitas Chicago, yang tidak terlibat dalam penelitian mengatakan meski berpengaruh, bukan berarti anak yang terkena polusi tidak akan bisa membaca atau menulis.

Polusi Udara - Kesehatan JaninPatrick Breysse, spesialis kesehatan lingkungan dari Johns Hopkins school of public health, berpendapat, polusi udara memiliki dampak buruk pada perkembangan otak janin. Namun, faktor lain juga perlu diperhatikan, yakni status ekonomi yang rendah. Kedua faktor itu mungkin bisa menjawab mengapa anak-anak tersebut memiliki tingkat kecerdasan lebih rendah.

Kaitan antara polusi udara dan kesehatan bayi sudah sejak lama diteliti. Sebelumnya penelitian menyebutkan ibu hamil yang tinggal di lingkungan udara tercemar beresiko melahirkan bayi dengan kelainan genetik, seperti berat badan rendah, ukuran kepala lebih kecil, atau risiko kanker.

Selain itu, disebutkan pula polusi udara menyebabkan keterlambatan perkembangan anak di usia 3 tahun dan timbulnya penyakit asma pada anak.

Para ahli menyatakan, pemaparan polycyclic aromatic hydrocaarbons (senyawa aromatik) sangat berbahaya. Zat beracun ini bisa menembus plasenta dan berdampak buruk bagi janin. Selain berasal dari knalpot kendaraan, zat kimia industri merupakan sumber dari pencemaran udara yang berbahaya.

Menurut dr.Nyoto Widiastomo, Sp.PD dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, senyawa aromatik (benzena) merupakan salah satu penyebab kanker darah (leukimia). Orang yang terpapar dalam waktu 5-30 tahun bisa terkena penyakit tersebut.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami