Tips Menolong Keluarga Dalam Masalah Ekonomi

Investment / 26 July 2009

Kalangan Sendiri

Tips Menolong Keluarga Dalam Masalah Ekonomi

Puji Astuti Official Writer
3962

Apa yang Anda lakukan ketika salah seorang adik atau kakak Anda di PHK? Atau mungkin tidak bisa bekerja karena sakit atau kecelakaan? Sebagai orang percaya, Anda berkewajiban untuk membantu orang-orang yang Anda cintai terutama keluarga Anda. Namun bukan berarti dengan membantu mereka, Anda mengorbankan kondisi financial Anda sendiri, mari coba tips berikut ini:

1. Berikan pemberian dalam bentuk cash
Kemurahan hati yang Anda ungkapkan dalam bentuk sedikit pemberian uang itu mungkin menjadi sangat berarti bagi saudara Anda. Anda tidak perlu menanggung seluruh kebutuhan keuangannya, berikan semampu Anda. Pastikan dia mengerti bahwa itu adalah hadiah, pemberian, bukan hutang, sehingga dia tidak perlu berpikir untuk membayar kembali. Berikan dengan cara sebaik mungkin, sehingga maksud baik Anda tidak membuatnya tersinggung.

2. Berikan pinjaman uang
Jika saudara Anda mengajukan pinjaman kepada Anda, dan Anda mampu memberikannya, pastikan Anda membuatnya sangat jelas. Buatlah secara tertulis, syarat-syarat yang Anda inginkan tuliskanlah dengan jelas. Jangka waktu pembayarannya, harus juga tertulis. Hal ini untuk membantu kedua belah pihak bahwa ini adalah sebuah perjanjian pinjam meminjam. Dan dalam hal ini, pastikan Anda benar-benar memperlihatkan niat Anda untuk membantunya dengan tidak memberikan bunga bagi pinjaman ini.

3. Bantu untuk membuat bugeting dan system pembayaran tagihan.
Seringkali orang yang dalam krisis keuangan tidak memperhatikan kemana uang mereka mengalir. Jika Anda berpengalaman dalam membuat buget keuangan, bantu saudara Anda untuk melakukannya. Mentor dia, hingga dia cukup mampu mendisiplin diri untuk melakukannya sendiri.

4. Berikan/rekomendasikan pekerjaan.
Mungkin Anda tidak memiliki uang banyak untuk bisa membantunya atau meminjamkannya pada saudara Anda, namun Anda bisa membantunya. Jika Anda memiliki banyak teman, mungkin Anda bisa merekomendasikan saudara Anda untuk bisa bekerja di perusahaan atau toko teman-teman Anda.

5. Membayar tagihannya
Mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk membayar salah satu tagihan rutin saudara Anda, mungkin tagihan listrik, asuransi, atau tagihan rumahnya untuk membantunya sebelum dia bisa bangkit dari masalah keuangannya.

Pada akhirnya, langkah paling penting adalah menanyakan pada orang yang Anda kasihi tersebut apa yang perlu Anda bantu. Dari titik itu Anda akan mendapatkan berbagai ide untuk menolongnya. Jadi jangan segan-segan untuk mengajaknya berbincang, sharing dan sama-sama mencari jalan keluar untuk permasalahannya.
Hari ini mungkin Anda membantunya, mungkin suatu hari Anda yang akan menerima uluran tangan darinya. Jika pun tidak, Tuhan akan membalas kebaikan hati Anda dengan banyak cara.

Sumber : Investopedia/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami