Akibat Perang 8,2 Juta Anak Afganistan Jadi Buruh

Nasional / 24 July 2009

Kalangan Sendiri

Akibat Perang 8,2 Juta Anak Afganistan Jadi Buruh

Puji Astuti Official Writer
3208

Perang yang berkepanjangan selalu menyengsarakan rakyat, hal ini terjadi juga di Afganistan. Kemiskinan, keamanan yang buruk, pengungsi, dan kurangnya pendidikan bagi anak-anak menjadi masalah utama di negara yang masih  terus bergejolak tersebut. Masalah utama yang ada di Afganistan saat ini salah satunya adalah pekerja anak-anak yang berusaha mencari nafkah untuk keluarganya, demikian laporan dari UNICEF.

Hasil survey menemukan bahwa 8,2 juta anak Afganistan yang jumlahnya tersebut merupakan sepertiga dari keseluruhan penduduk saat ini, merekaharus  bekerja untuk mencari nafkah. Anak-anak tersebut dipekerjakan dari mulai pekerjaan ringan hingga pekerjaan berat.

Hampir sebagian besar dari anak-anak tersebut kehilangan kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Pada akhirnya, anak-anak ini ketika dewasa tidak akan bisa mengubah kehidupannya dan berakhir sebagai buruh kasar. Hal ini menjadi perhatian utama UNICEF untuk menyelamatkan generasi muda Afganistan.

Kondisi Afganistan memburuk sejak perang melawan Taliban muncul kembali pada tahun 2006.

Dalam setiap peperangan pasti ada banyak korban yang berjatuhan, bahkan banyak diantaranya orang-orang yang tidak bersalah. Hal inilah yang terjadi di Afganistan, anak-anak tersebut mungkin tidak mati ditembus peluru, namun masa depan mereka kemungkinan besar hancur tergerus oleh gemuruh perang. Mari serukan perdamaian bagi bangsa ini.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami