Hirata Sayangkan Bioskop Malaysia Belum Tayangkan Film Laskar Pelangi

Nasional / 20 July 2009

Kalangan Sendiri

Hirata Sayangkan Bioskop Malaysia Belum Tayangkan Film Laskar Pelangi

Puji Astuti Official Writer
4352

Masih ingat film Laskar Pelangi? Film yang diangkat dari novel karya penulis Andrea Hirata itu dirilis 25 September 2008 lalu dan menjadi booming karena menarik pengunjung hingga jutaan orang. Mungkin terkesan basi bicara tentang film Laskar Pelangi saat ini, tetapi ada sebuah kenyataan yang agak menyedihkan yaitu film tersebut hingga saat ini belum bisa masuk ke negara tetangga Malaysia.

Andrea Hirata yang pada Sabtu lalu berkunjung ke Malaysia untuk melakukan diskusi novel tetralogi Laskar Pelangi di Universitas Sains Malaysia (USM) sangat menyayangkan hal tersebut.

"Saya juga sangat menyayangkan film Laskar Pelangi belum bisa diputar di Malaysia padahal permintaan warga Indonesia di Malaysia sangat tinggi, begitu juga permintaan warga Malaysia sendiri," demikian ungkap Hirata.

Entah kenapa bioskop-bioskop Malaysia sampai saat ini belum bisa memutar film Laskar Pelangi tersebut, namun menurut Hirata kesepakatan seperti itu biasanya diurusi oleh Mira Lesmana sang produser. Sedangkan untuk masalah novel Laskar Pelangi, ternyata sudah ada yang diterjemahkan dalam bahasa Malaysia.

Laskar Pelangi baik film maupun novelnya merupakan salah satu karya anak bangsa yang patut dibanggakan. Keberhasilan ini hendaknya menjadi pemacu semangat bagi generasi muda Indonesia untuk produktif menghasilkan karya-karya yang positif, bermutu dan tidak kalah menarik dari produk-produk luar Negeri. Bahkan kalau bisa, karya-karya anak Indonesia mulai go internasional. Maju terus Indonesia..

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami