Umat Kristiani di Irak Dihantui Bom, Sedangkan di Somalia Penganiayaan

Internasional / 20 July 2009

Kalangan Sendiri

Umat Kristiani di Irak Dihantui Bom, Sedangkan di Somalia Penganiayaan

Budhi Marpaung Official Writer
4078

Umat Kristiani di Irak terus-menerus menghadapi kekerasan dalam beberapa bulan terakhir ini dan kebanyakan dari serangan ini dilakukan oleh golongan ekstrim Islam dengan maksud untuk mengusir mereka dari rumah mereka.

Tiga orang Kristiani dan seorang Muslim dibunuh dalam sebuah aksi pengeboman gereja di Jalan Palestina di Baghdad timur pada minggu 12 Juli 2009.

Salah satu warga Irak, Abu Muhammad, yang menyaksikan serangan tersebut mengatakan, sebuah bom mobil meledak di depan gereja sekitar 7 jam malam waktu setempat ketika ada sejumlah umat Kristiani sedang berdoa di dalamnya.

Delapan belas orang juga luka-luka dan 2½ jam sebelumnya tiga gereja lainnya terkena ledakan bom yang melukai delapan orang.

Di seluruh kota, bom juga meledak di Baghdad barat, sekitar hari Sabtu tengah malam, namun tidak ada satu pun yang terluka.

Rentetan serangan ini memaksa banyak umat Kristiani yang berada dalam gereja berlari menuju ke rumah mereka masing-masing untuk menyelamatkan keluarga mereka.

Sejauh ini, jumlah Kristen di Irak telah berkurang dari 1 juta hampir satu dekade lalu menjadi kurang dari setengah juta hari ini.

Sementara itu, di Somalia, pemberontak Muslim yang disinyalir memiliki hubungan dengan jaringan Al-Qaeda memancung tujuh orang Kristiani.

Reuters melaporkan pada 10 Juli lalu, anggota dari kelompok al-Shabaab menuduh umat Kristiani di negara tersebut melakukan aksi mata-mata dan telah "meninggalkan agama Islam."

Eksekusi publik di bagian selatan kota Baidoa adalah eksekusi massa terbesar oleh kaum muslimin di Somalia dalam beberapa tahun terakhir ini.

September 2008, seorang pekerja bantuan berusia 25 tahun, Mansuur Mohammed yang masuk agama Kristen juga dihukum pancung oleh kaum ekstrimis al-Shabaab.

Kelompok muslim yang sama menghukum pancung dua anak-anak Somalia lainnya yang masuk agama Kristen awal tahun ini.

Sumber : cbn.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami