Ilmuan ASEAN Penerima Nobel Hadir di Jakarta

Nasional / 15 July 2009

Kalangan Sendiri

Ilmuan ASEAN Penerima Nobel Hadir di Jakarta

Tammy Official Writer
4707
Tiga orang dari 5 ilmuwan muda penerima Nobel bidang ilmu kimia hadir di Kantor Sekretariat ASEAN di Jakarta, Selasa kemarin.

Ketiga ilmuwan muda yang berasal dari negara ASEAN tersebut adalah Lye Yan Ni dan Mohd. Sukor bin Su`ait dari National University of Malaysia, serta Chia Weisheng dari Nanyang Technological University, Singapura.

"Ini merupakan kesempatan yang baik bertemu ilmuwan asal ASEAN yang berhasil mendapatkan hadiah Nobel tahun ini dari pemilihan 20 orang lebih pemenang Nobel se-dunia dengan berbagai bidang keahlian," kata Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan pada acara penyambutan pemenang nobel.

Dia mengatakan, selain 3 pemenang nobel asal ASEAN itu dua pemenang lainnya adalah Jose Isagani B Janairo dan Marc Rhyan J Puno masing-masing dari De La Salle University, Filipina.

Menurutnya, proses seleksi dan pengumuman nominasi ini dilakukan Lindau Foundation di Jerman bekerja sama dengan panitia regional dari negara-negara ASEAN yang berpendidikan doktor dan magister dengan masing-masing bidang ilmu.

Motivasi pemberian Nobel Laureates tersebut, lanjutnya, untuk merangsang para peneliti dan pemikir dunia menciptakan suatu karya baru yang dapat diaplikasikan dalam bidang keilmuan (science).

Sementara itu, Lye Yan Ni salah satu penerima Nobel yang berhasil mengikuti proses seleksi mulai 28 Juni - 3 Juli di Jerman mengungkapkan, sangat bersyukur dan bangga bisa mendapat penghargaan tertinggi berkelas dunia.

"Pesaing kami semuanya hebat-hebat dan berasal dari negara-negara maju. Namun, kami tidak berkecil hati dan ternyata bisa menunjukkan bahwa ilmuan dari ASEAN juga bisa meraih nobel," katanya mahasiswa National University of Malaysia ini.

Selamat atas berhasilnya meraih Nobel oleh 3 pemuda ASEAN tersebut. Kiranya keberhasilan mereka dapat memotivasi juga pemuda/i ilmuwan Indonesia ataupun ASEAN untuk membuktikan prestasi bangsa.

Sumber : antara.co.id
Halaman :
1

Ikuti Kami