Memahami Kebutuhan Pasangan dalam Pernikahan Secara Kristiani
Sumber: google

Kata Alkitab / 10 July 2009

Kalangan Sendiri

Memahami Kebutuhan Pasangan dalam Pernikahan Secara Kristiani

Lestari99 Official Writer
16098
1 Korintus 7:3
Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya
(GNB: each should satisfy other's needs)

Suami isteri harus bisa memuaskan kebutuhan pasangannya. Dan kalau kebutuhan ini tidak terpenuhi maka frustrasi serta ketidakbahagiaan akan timbul. Dan kemudian apa yang timbul berikutnya: konflik, pertengkaran, tekanan. Kita harus tahu bahwa Tuhan menciptakan pria dan wanita berbeda.

Dan masalah utama kita seringkali adalah : kita berusaha memenuhi kebutuhan yang kita rasa penting tetapi yang sebenarnya kurang penting bagi pasangan kita! Kita mungkin merasa sudah menunjukkan kasih yang besar, tapi bagi suami atau isteri kita, kita tetap kurang sayang, kurang perhatian.

Dr. Willard Harley yang telah meneliti 40.000 kasus dan dia menemukan bahwa kebutuhan pria dan wanita berbeda. Menurut Dr. Harley, 5 kebutuhan emosional utama wanita :

Kebutuhan # 1: Disayang

1 Korintus 7:3 - Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya.(NKJV: Let the husband render to his wife the affection due her, and likewise also the wife to her husband).

Ribuan tahun yang lalu, Alkitab telah menunjukkan bahwa kebutuhan utama para isteri adalah perasaan disayang. Dan para suami bisa menunjukkannya lewat pelukan, menggandeng tangan, membukakan pintu dan yang terutama menyampaikan kata-kata cinta secara ekspresif.

Kebutuhan # 2: Percakapan

Hasil survei menunjukkan tahun pertama pernikahan pasangan menghabiskan 70% untuk ngobrol. Dan lamanya waktu mengobrol itu berkurang 20% seiring bertambahnya tahun. Sehingga di tahun ke-8 pernikahan, Anda akan kurang punya kesempatan ngobrol, kecuali benar-benar diusahakan.

Filipi 2:4 - dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.

Seorang isteri ingin suami  bisa memberikan perhatian secara verbal terhadap kebutuhannya. Wanita ingin pria tahu bagaimana perasaannya tentang hari yang dia alami.

Kebutuhan # 3 : Kejujuran dan Keterbukaan 

Setiap isteri ingin tahu secara detail kehidupan suaminya. Kejujuran adalah asuransi pernikahan yang terbaik.

Kebutuhan # 4 :  Dukungan Keuangan

Tak bisa dipungkiri wanita cenderung suka membelanjakan uang untuk banyak kebutuhan, apakah itu untuk kepentingan keluarganya maupun kepentingan sendiri. Dukungan keuangan dari suami menjadi salah satu kebutuhan isteri yang mendukung ketentraman rumah tangga.

Kebutuhan # 5 :  Komitmen Keluarga

Maksudnya di sini adalah menyediakan waktu dan tenaga yang cukup untuk pengembangan moral serta pendidikan anak seperti punya waktu untuk mendongeng bagi anak, mengembangkan sistem pelatihan anak yang sesuai dan sebagainya.

Sementara itu untuk para pria 5 kebutuhan emosional utamanya adalah :

Kebutuhan # 1 : Pemenuhan Seksual

Jadi setelah Alkitab berbicara tentang kebutuhan utama wanita kemudian dilanjutkan dengan kebutuhan utama pria.

1 Korintus 7:4-5, Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya. Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak.

Isteri-isteri harus menyadari bahwa kalau mereka  tidak bisa membuat suami-suami mereka terpenuhi kebutuhan mereka secara legal, maka mereka membuat pintu terbuka bagi iblis untuk mencobai suami mereka untuk mengkompromikan kesetiaan mereka dalam perselingkuhan!

Kebutuhan # 2 : Ditemani Melakukan aktivitas yang Menyenangkan

Pasangan yang suka bermain bersama biasanya jadi pasangan yang langgeng. Caranya, buatlah list hal-hal apa yang disukai masing-masing pihak, kemudian jadwalkan untuk melakukan hal-hal yang disukai tersebut bersama-sama.

Kebutuhan # 3 : Pasangan yang Menarik

Samuel 16:7, Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati."

Hal ini menunjukkan bahwa para suami itu bukan Tuhan! Mereka tidak bisa melihat hati Anda. Mereka hanya bisa melihat penampilan luar Anda! Menurut riset ada beberapa area yang perlu diperhatikan wanita : pengendalian berat badan, make up, model potongan rambut, pakaian.

Kebutuhan # 4 : Rumah Diatur dengan Baik 

Mendapati rumah yang bersih dan rapi telah menjadi salah satu kebutuhan suami. Apalagi setelah ia baru saja lepas dari segala kekalutan dan kemacetan di jalan raya. Rumah menjadi salah satu surga yang diimpikan baginya untuk melepaskan kepenatan raganya.

Kebutuhan # 5 : Dihormati

Penting bagi suami untuk selalu merasa dihormati isterinya. Karena penghormatan dan penghargaan yang senantiasa ditunjukkan oleh isterinya akan membuat dirinya merasa dibutuhkan dan menjadi pahlawan yang dibanggakan keluarganya. Sebuah perasaan yang menjadi bawaan lahir dari seorang pria.

Dengan mengetahui perbedaan kebutuhan antara suami dan isteri ini biarlah kita tidak "binasa" karena kurang pengetahuan (Hosea 4:6). Tetapi kiranya Tuhan boleh menolong kita untuk meningkatkan kualitas keintiman rumah tangga kita. Tuhan memberkati.

Halaman :
1

Ikuti Kami