Tips Cerdas Memangkas Pengeluaran Bulanan

Investment / 3 July 2009

Kalangan Sendiri

Tips Cerdas Memangkas Pengeluaran Bulanan

Budhi Marpaung Official Writer
3039

Pusing setiap bulannya dengan pengeluaran yang Anda lakukan? Atau uang pendapatan yang tak terasa begitu cepat berkurang sebelum waktunya? Mungkin tips berikut dapat membantu Anda agar masih bisa mempunyai anggaran untuk kegiatan investasi, menabung, ataupun modal usaha.

1. Maksimalkan air mineral. Penelitian yang ada sekarang ini membuktikan bahwa air mineral lebih baik dikonsumsi daripada minuman-minuman ringan yang tersebar di toko-toko. Selain sehat, dengan minum air mineral membuat tubuh Anda menjadi segar sehingga aktivitas yang ingin Anda kerjakan hari tersebut dapat dilakukan secara maksimal.

2. Kurangi penggunaan AC. Seperti diketahui bersama, bahwa penelitian menunjukkan bahwa buangan freon pada AC berkontribusi besar dalam penipisan ozon di Atmosfer selama ini. Bila Anda sedang kepanasan di dalam ruangan rumah, gunakan kipas angin yang pastinya beban listriknya tidak besar dibanding menggunakan AC.  

3. Gunakan angkutan umum. Menggunakan angkutan umum pada saat bepergian pastinya akan mengurangi keluarnya uang yang lebih banyak apabila menggunakan kendaraan pribadi. Namun, apabila Anda lebih senang dengan angkutan yang sifatnya personal, gunakan sepeda untuk melakukan aktivitas pekerjaan Anda. Apalagi komunitas pengguna sepeda yang dikenal dengan Bike-To-Work sudah berkembang saat ini.

4. Kurangi makan di luar. Pada saat Anda sedang makan siang ataupun bertemu dengan klien bisnis, usahakan itu adalah waktu makan Anda di luar yang terakhir. Terakhir disini bukan keesokkan hari Anda tidak bisa makan lagi. Tetapi disini maksudnya sebisa mungkin Anda hanya satu kali dalam satu hari makan di luar rumah. Bawalah bekal apabila Anda hendak bepergian yang jauh atau sedang bekerja. Ambil sisi positif dari hal ini yakni hidup Anda menjadi lebih sehat dibanding makan di luar yang belum tentu terjamin ke-higienis-annya.

5. Berhenti merokok. Bagi beberapa orang, hal ini bukanlah masalah di dalam keuangan mereka. Namun, banyak dari orang yang melakukan ini tidak sadar (atau pura-pura tidak sadar) bahwa harga rokok sangatlah tinggi. Oleh karena itu, dengan berhenti merokok, selain kesehatan semakin terjamin, kehidupan keuangan pun terselamatkan.

6. Simpan kembalian recehan Anda di celengan. Menyimpan uang hasil kembalian dari transaksi kegiatan ekonomi sehari-hari sangat banyak manfaatnya. Selain, dapat membantu Anda dalam keadaan terdesak, uang receh yang Anda terima dapat Anda gunakan sebagai tabungan cepat jangka pendek.   

7. Menyiasati tren. Mengikuti tren yang ada saat ini bukanlah sebuah kesalahan. Tetapi, bila hal mengikuti tren dikonotasikan segala sesuatu yang baru sebaiknya Anda berpikir ulang mengenai hal tersebut. Anda tidak perlu membeli produk-produk baru dan mahal untuk mengikuti tren, tapi lihatlah produk-produk lebih murah yang bisa Anda dapatkan pada majalah-majalah yang membicarakan mengenai mode/produk sesuatu.

8. Kurangi penggunaan telepon atau ponsel untuk menelpon. Usahakan untuk meminimalisasi bebicara menggunakan telepon/ponsel dan menggantinya dengan sms atau email yang harganya jauh lebih murah.

9. Cobalah membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Dengan melakukan pembedaan mengenai apa yang sebenarnya Anda butuhkan dan inginkan akan memudahkan Anda untuk melakukan prioritas. Usahakan penuhi kebutuhan hidup Anda terlebih dahulu daripada mencukupkan rasa keinginan diri Anda.   

10. Budgeting. Di dalam setiap tips keuangan, hal ini tidaklah dapat dikesampingkan karena dengan adanya budgeting Anda mengetahui uang yang Anda sediakan bagi masing-masing kebutuhan.

11. Hindari memiliki kartu kredit lebih dari satu. Secara pribadi, saya tidak menganjurkan Anda menggunakan kartu kredit apapun alasannya. Namun, apabila Anda tetap keukeuh menggunakan kartu kredit ingatlah untuk mensurvei bank yang Anda jadikan sebagai pemberi kartu kredit. Carilah bank yang memberikan keuntungan yang lebih banyak, seperti bunga yang lebih dan jarang mendapat keluhan dari nasabahnya.

12. Catat pengeluaran Anda. Belajarlah untuk selalu mencatat uang yang telah Anda keluarkan. Sebisa mungkin, catatalah pengeluaran Anda di setiap harinya. Apabila Anda lupa melakukannya, sesaat hari Anda mengingatnya, langsung catat segala pengeluaran yang telah dilakukan.

13. Konsultasi Keuangan. Apabila semua cara sudah lakukan dan hasilnya tidak berhasil, cobalah mengonsultasikannya kepada konsultan keuangan. Konsultan keuangan yang Anda pilih tidak harus orang yang memang professional dibidang tersebut, tetapi carilah orang yang Anda lihat sangat baik dalam pengaturan keuangannya. 

Semoga tips diatas dapat membantu masalah keuangan yang sedang Anda hadapi saat ini. Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : tipsanda.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami