Amnesty International Tuduh Polisi Indonesia Sering Siksa Tersangka

Nasional / 1 July 2009

Kalangan Sendiri

Amnesty International Tuduh Polisi Indonesia Sering Siksa Tersangka

Lestari99 Official Writer
3049

Kelompok hak asasi Amnesty International mengatakan, polisi Indonesia secara rutin memukuli dan menyiksa tersangka, dan seringkali menawarkan perlakuan lebih baik kalau dibayar dengan uang atau seks. Amnesty International mengumumkan laporan sepanjang 84 halaman itu di Jakarta, Rabu minggu lalu.

Pejabat Amnesty, Donna Guest mengatakan, laporan itu menunjukkan adanya kebiasaan luas di kalangan polisi Indonesia untuk menyiksa orang. Ia mengatakan, polisi seringkali bertindak seolah-olah mereka berada di atas hukum dan bukannya menjalankan hukum serta melindungi hak asasi. Kata laporan itu ada pola yang meluas tentang pelanggaran hukum seperti penembakan fatal tersangka pada waktu penangkapan, interogasi dan penahanan.

Penemuan Amnesty International itu didasarkan wawancara dengan pejabat kepolisian, pengacara, wartawan, kelompok hak asasi lokal dan korban-korban perlakuan buruk itu selama dua tahun terakhir. Amnesty menyerukan kepada pemerintah Indonesia untuk mengakui hal ini secara terbuka, dan mendirikan suatu badan independen untuk mengurus keluhan masyarakat tentang pelanggaran hukum oleh polisi.

Wah, kalau sampai Amnesty International yang bicara, sepertinya setiap aparat kepolisian benar-benar harus introspeksi diri. Hukum memang harus ditegakkan, para pelaku kejahatan memang harus mendapatkan hukuman yang setimpal, tapi tidak dengan kehilangan hak akibat perlakuan tidak manusiawi dari para penegak hukum sendiri.

Mari doakan transformasi bagi bangsa ini boleh benar-benar terjadi, sehingga bukan lagi hal buruk yang dilihat oleh bangsa lain melainkan perubahan radikal yang sungguh terjadi karena kuasa Tuhan yang bekerja atas bangsa ini.

Sumber : voanews
Halaman :
1

Ikuti Kami