MRT di Jakarta, Mimpi Yang Mungkin Akan Terwujud

Nasional / 15 June 2009

Kalangan Sendiri

MRT di Jakarta, Mimpi Yang Mungkin Akan Terwujud

Puji Astuti Official Writer
3876

Mimpi orang Indonesia untuk memiliki moda trasportasi Jakarta Mass Rapit Transit (MRT) mungkin akan terwujud pada 2016 nanti. PT.PLN (Persero) baru saja melakukan penandatanganan perjanjian dan menyatakan mampu menyuplai listrik yang diperlukan untuk operasional alat trasportasi ini.

PT PLN (Persero) akan menyuplai listrik untuk MRT yang menggunakan jaringan distribusi listrik Jawa-Bali.

Dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT PLN dan PT MRT di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Senin, disepakati PLN akan menyuplai listrik sebesar 50 MVA untuk tahap awal.

"Kami yakin penyediaan listrik yang dibutuhkan sanggup kita suplai secara penuh termasuk gardu-gardu induknya, minimal dua. Dan kami memiliki teknologi isolasi gas sehingga bisa dibangun menjadi satu gedung dengan stasiun," ujar General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Purnomo Willy.


MoU ditandatangani oleh Purnomo Willy dan Direktur Utama PT MRT Tribudi Rahardjo dengan disaksikan Gubernur DKI Fauzi Bowo.

"Yang kita bangun bukan cuma satu line ini, tapi akan kita bangun jejaring MRT di Jakarta. Yang jelas ada `east-west connection` tapi selain itu, ada jaring-jaring yang dibutuhkan di masyarakat lewat perencanaan secara bertahap," papar Gubernur.

 

Untuk tahap awal, MRT Jakarta akan menghubungkan wilayah Lebak Bulus dan Dukuh Atas sepanjang 14,5 kilometer yang melintasi delapan stasiun layang dan empat stasiun bawah tanah.

Saat ini, pada jam-jam sibuk dibutuhkan waktu sekitar 1-2 jam untuk menempuh jarak tersebut namun dengan menggunakan MRT diperkirakan hanya butuh waktu 30 menit. Dengan demikian kemacetan di Jakarta diharapkan berkurang.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami