80 Juta Orang Indonesia Buang Air Sembarangan!

Serba-Serbi Sehat / 10 June 2009

Kalangan Sendiri

80 Juta Orang Indonesia Buang Air Sembarangan!

Lestari99 Official Writer
3706

\"\"Sebanyak 80 juta orang di Indonesia masih buang air sembarangan, seperti di kebun, sawah, pematang sawah, dan sungai yang menyebabkan pencemaran air. Dari 80 juta orang itu, sebanyak 18,9 persen berada di kota, sisanya di desa. Hal ini terungkap dalam media gathering menyambut City Summit V yang digelar di Kota Solo.

Hadir dalam kesempatan ini, Co-Team Leader Indonesia Sanitation Sector Development Program Syarif Puradimadja, Kepala Sekretariat Tim Teknis Pembangunan Sanitasi/Kepala Sub-Direktorat Air Minum dan Air Limbah Direktorat Pemukiman dan Perumahan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nugroho Tri Utomo, dan Ketua Kelompok Kerja Sanitasi Kota Solo/Kepala Bappeda Kota Solo Triyanto.

"Negara kita bisa dibilang krisis sanitasi. Masih adanya 80 juta orang yang buang air sembarangan menyebabkan sungai, danau, pantai, dan waduk terbebani 14.000 ton tinja atau setara 14.000 gajah. Sebanyak 70 persen pencemaran sungai disebabkan limbah domestik," kata Nugroho.

Joroknya negara kita!! Bagaimana bisa mendapatkan fasilitas air bersih yang memadai kalau sumber air kita seperti sungai, danau dan waduk harus tercemar oleh tinja yang jumlahnya sungguh fantastis!!!

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami