JK - Wiranto Dekati Umat Kristen Lewat PGI

Nasional / 9 June 2009

Kalangan Sendiri

JK - Wiranto Dekati Umat Kristen Lewat PGI

Puji Astuti Official Writer
3761

Jusuf Kalla dan Wiranto menyambangin Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) pada Senin (8/6) lalu. Mereka berdua diterima oleh Ketua Umum PGI AA Yewangoe.

JK dan Wiranto tiba di kantor PGI di kawasan Salemba, Jakarta Pusat sekitar pukul 10.15 WIB. Selain AA Yewangoe, dalam silaturahmi tersebut juga hadir puluhan pengurus PGI.

Dalam sambutannya, Yewangoe menyampaikan tiga kriteria capres dan cawapres  yang diharapkan oleh umat Kristen. Kriteria utama adalah, "Mereka yang cakap, takut akan Allah, dapat dipercaya dan benci kepada pengejaran suap," demikian ungkapnya.

Selain itu, kriteria kedua berkaitan dengan komitmen untuk mempertahankan Pancasila dan yang terakhir adalah komitmen capres dan wapres untuk menghormati pluralitas dan tidak alergi dengan pluralitas.

Ditanya mengenai apakah keterbukaan PGI terhadap kunjungan JK - Wiranto ini menunjukkan dukungan PGI terhadap pasangan tersebut, Yewangoe menepisnya.

"Tidak. Kami tetap pada sikap bahwa gereja itu netral. Kedatangan mereka atas permintaan mereka sendiri. Kami tidak bisa tutup pintu. Setiap orang bebas datang," demikian jawabnya seusai acara tersebut.

Netralnya PGI dalam pemilihan presiden dan wakil presiden ini dibuktikan pada hari ini, Selasa (9/6), Megawati - Prabowo pun di jadwalkan akan melakukan kunjungan serupa ke PGI. Pihak PGI sudah menyiapkan masukan-masukan penting dalam kaitan kehidupan berbangsa dan bernegara bagi para calon pasangan kepala negara tersebut.

Sumber : Kompas/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami