Bagaimana Mengelola Tagihan Anda

Investment / 9 June 2009

Kalangan Sendiri

Bagaimana Mengelola Tagihan Anda

Budhi Marpaung Official Writer
2561

Salah satu kunci keberhasilan keuangan adalah dalam pengelolaannya. Berapa banyak orang yang hidup di dalam hutang karena pengelolaan yang tidak benar? Itu dimungkinkan karena biasanya orang tersebut berpikir hanya untuk hari ini saja.

Salah satu aspek dari keuangan adalah tagihan. Tagihan bisa menjadi hutang yang bisa mencekik leher Anda apabila ditunda terus menerus. Sebenarnya tidak ada perbedaan besar apabila Anda adalah seorang lajang atau sudah memiliki pasangan karena mengelola tagihan Anda adalah masalah bagaimana Anda bisa memilah-milah tagihan sesuai dengan urgenitas-nya.

Berikut 4 tips bagaimana mengelola tagihan Anda:

1. Buatlah daftar tagihan-tagihan yang Anda harus bayar dan kapan waktu dari waktu jatuh tempo. Anda dapat menuliskan waktu jatuh tempo di sebelah kanan daftar tagihan Anda. Apabila, di dalam daftar tagihan tersebut tidak memiliki jatuh tempo, kosongkan saja.

2. Putuskan Anda akan membayar tagihan dua hari per bulannya (tidak harus dalam dua hari bersamaan). Hal ini memudahkan Anda untuk membayar tagihan Anda sesuai dengan waktu yang Anda telah rencanakan membayar tagihan tersebut.

3. Asumsikan bahwa hari Anda akan membayar tagihan Anda tanggal 1 dan 15. Setelah itu buatlah menjadi dua bagian pembayaran. Ambillah tagihan-tagihan pada tanggal tanggal 22 di bulan sebelumnya sampai pada tanggal 6 di bulan, bisa Anda bayarkan pada tanggal 15 bulan dimana Anda akan membayar tagihan Anda. Untuk tagihan tanggal 7-21, Anda bayarkan pada tanggal 1 di awal bulan Anda membayar tagihan.

4. Ketahui berapa besar uang yang Anda perlukan untuk membayar tagihan dan bagi menjadi dua. Karena pembayaran tagihan yang Anda lakukan dua kali maka sebisa mungkin uang dari pendapatan Anda dapat Anda sisihkan di dalam dua waktu periode pembayaran tersebut. Untuk masalah pembagiannya adalah tergantung kepada Anda namun sebisa mungkin adalah seimbang dalam pembagiannya.

Setiap tulisan pastilah tidak sempurna karena pasti selalu ada pembaharuan dan hal-hal baru. Demikian dengan tips mengelola tagihan ini. Namun, biarlah tips-tips diatas dapat membantu dan menambah pengetahuan Anda agar dapat menjadi seorang pengelola seperti yang Allah inginkan. 

Akhir dari tulisan artikel tips ini adalah selamat mengelola tagihan-tagihan yang Anda miliki!!!

 

Sumber : christianpf.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami