Rick Warren ‘Orang Paling Berpengaruh’ Versi Majalah TIME

Nasional / 6 May 2009

Kalangan Sendiri

Rick Warren ‘Orang Paling Berpengaruh’ Versi Majalah TIME

Tammy Official Writer
6071
Majalah Time menyebutkan pastor evangelikal megachurch Rick Warren sebagai salah satu Orang Paling Berpengaruh Di Dunia (World's Most Influential People, red).

Nama Warren terdaftar di bawah kategori "Pahlawan & Icon" (Heroes & Icons, red) bersama dengan selebritis-selebritis Internasional seperti Michelle Obama, Tiger Woods, dan George Clooney.

Selama beberapa tahun terakhir, pastor yang luwes dan ramah ini terkenal sebagai penulis The Purpose Driven Life, buku terlaris dalam sejarah setelah Alkitab, dan juga sebagai pendiri salah satu dari sepuluh gereja terbesar di Amerika.

Ia telah berbicara pada universitas-universitas top dunia dan pertemuan-pertemuan bisnis sebagai salah satu pemikir inovatif untuk menghadang AIDS dan kemiskinan menggunakan jaringan luas gereja-gereja. Pada masa tersebut, Warren dengan sukses merajut sebuah gambaran seorang Kristiani yang moderat yang, meskipun memegang pandangan-pandangan konservatif, juga terlibat dalam permasalahan-permasalahan sosial - sesuatu yang lebih tradisional dengan lebih banyak orang Kristiani liberal.

Tetapi pada Januari lalu, citra Warren diuji ketika Presiden yang terpilih Barack Obama mengundang dia untuk membawakan doa saat upacara inagurasinya. Para aktifis hak-hak kaum gay menuduh Warren sebagai seorang homophobia dan terbelakang karena ia berlawanan pendapat mengenai legalnya pernikahan sesama jenis.

Meskipun Warren bertahan melewati badai kritik, ia tetap menerima kritikan dari pihak kanan maupun kiri. Pihak konservatif marah karena Warren mau dihubungkan dengan presiden yang vokal aborsi dan hak-hak kaum gay, selagi kaum liberal tidak menyukainya karena pandangan-pandangan konservatifnya yang vokal.

"Ia telah menyebut isu-isu seperti aborsi, riset stem-cell dan euthanasia "tak bisa dikompromikan," selagi ia mengejar perjuangannya melawan AIDS dan kemiskinan," tulis Editor-At-Large Time Nancy Gibbs dalam komentarnya mengenai Warren. Pandangan ideologikal yang menghilang ini mendapat sambutan pihak kiri yang geram ketika Barack Obama bertanya kepada Warren untuk menawarkan memimpin doa pada inagurasinya - dan pihak kanan menjadi geram ketika Warren menerima tawaran tersebut.

Tetapi di tengah ribuan pastor yang Warren latih dan jutaan pencari yang mengikuti setiap katanya. Yang artinya ia benar dimanapun ia ingin berada," tambah Nancy Gibbs.

Rick Warren baru-baru ini bergabung dengan kelompok penerbitan besar Reader's Digest Association Inc. untuk mengembangkan sebuah jaringan ambisius multi-platform untuk lebih baik lagi melatih dan menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia yang beranggapan buku-buku Purpose Driven-nya menolong.Rick Warren - Time Magazine

Pemimpin evangelikal global ini bergabung dengan The Twitter Guys, Ted Turner, Brad Pitt, Bernie Madoff, Zac Efron, dan Jay Leno di antara lainnya juga dalam "The 2009 Time 100: The World's Most influential list."

Pada tahun 2005, Rick Warren juga masuk ke dalam 25 Most Influential Evangelicals versi majalah Time.


Sumber : christianpost.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami