Tips Berani Keluar Dari Zona Nyaman

Investment / 28 April 2009

Kalangan Sendiri

Tips Berani Keluar Dari Zona Nyaman

Budhi Marpaung Official Writer
4603

Dalam dunia ini, setiap orang pasti menghadapi permasalahan dengan yang namanya zona nyaman atau comfort zone. Biasanya keadaan ini dapat terjadi karena seseorang melakukan kegiatannya secara rutin. Rutinitas ini akhirnya menyebabkan kematian pencarian konsep-konsep baru (inovasi) atau seseorang tidak memiliki tantangan-tantangan yang berarti di dalam hidupnya.

Begitu pun dalam bisnis ataupun bekerja. Zona nyaman dapat menjadi bumerang bagi seseorang atau satu tim di perusahaan. Hidup dalam zona nyaman akan berdampak negatif bagi perkembangan usaha atau pekerjaan seseorang tersebut. oleh karena itu, zona nyaman haruslah diatasi.

Mungkin Anda pernah mempelajari atau mendapatkan tips-tips berkaitan dengan tema yang sama, tetapi tidak ada salahnya Anda menyimak tips yang satu ini. 

1. Coba Sesuatu Yang Baru. Hal ini mungkin sering kali Anda dengar di seminar motivasi atau acara-acara yang mengangkat tema mengenai zona nyaman. Namun, pertanyaannya adalah apakah Anda sudah melakukannya? Jangan takut untuk mencoba melangkah keluar dari zona nyaman Anda. Ingatlah keadaan Anda pertama kali melakukan sesuatu kegiatan dengan motivasi yang besar.

2. Tantang Diri Anda. Setelah langkah pertama telah Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah tantang diri Anda untuk melakukan hal-hal lain yang membutuhkan keberanian tingkat lanjut, yaitu jangan hanya melakukan seseuatu yang baru, tapi coba lakukan hal-hal yang sebelumnya Anda selalu berpikir : saya tidak bisa! Tipsnya adalah uraikan terlebih dahulu risiko yang akan Anda hadapi, dengan begitu Anda tidak akan terkejut ketika kemungkinan-kemungkinan buruk tersebut terjadi, berikut langkah antisipasinya.

3. Jadi Bagian Warga Setempat. Jika Anda saat ini suka berkumpul dengan orang-orang terdekat saja seperti para sahabat dan keluarga, maka Anda harus mengubahnya sementara. Berinteraksilah dengan orang yang benar-benar Anda tidak kenal. Lakukan perjalanan liburan seorang diri atau dengan kelompok turis yang Anda baru kenal di perjalanan. Setibanya di lokasi berlibur, jangan ragu menyambangi tempat-tempat yang banyak didatangi warga lokal dan mengikuti aktivitas mereka. Tetap bersikap waspada memang perlu, tapi imbangi juga dengan sikap ramah dan tulus. Dengan begitu pertemanan akan terjalin lebih mulus.

4. Tukar Kenyamanan. Anda mungkin memiliki cukup banyak uang untuk menikmati liburan yang mewah. Mendapatkan semua kenyamanan serta kemewahan yang ditawarkan. Tapi, cobalah untuk melupakan dulu semua kenikmatan itu. Sebaliknya dari menginap di hotel berbintang, Anda akan memilih penginapan sederhana yang pasti lebih akrab dengan lingkungan sekitarnya. Di sini, bisa jadi Anda akan bertemu teman-teman baru dari lingkungan sosial yang berbeda. Percayalah Anda akan mendaptkan banyak pengalaman dan pelajaran baru yang tak pernah Anda dapatkan di bangku sekolah.

5. Kalahkan Rasa Takut Berlebihan. Coba buat daftar ketakutan Anda selama ini. Takut bertemu orang baru, mencoba hal-hal di luar kebiasaan, bahkan takut menjadi diri sendiri. Hal pertama yang perlu Anda sadari, bahwa akar dari semua masalah ini ialah rasa takut yang tak beralasan. Sebenarnya tak ada yang salah dengan rasa takut karena hal itu akan membuat Anda menjadi lebih waspada dan berhati-hati. Namun rasa takut yang berlebihan juga tidak baik. Cari tahu alasan mengapa Anda merasa takut berikut cara menghadapinya. Paksa diri Anda untuk menghadapinya.

Semua langkah diatas tidaklah lengkap bila tidak ditambah yang satu ini, yaitu niat atau motivasi yang kuat untuk melakukannya. Tanpa adanya niat atau motivasi yang kuat maka Anda selalu terhambat di langkah awal tips diatas. Jadi, selamat mencoba!!

Sumber : tipsanda.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami