Facebook for Mam bagi Wanita Aceh

Nasional / 24 April 2009

Kalangan Sendiri

Facebook for Mam bagi Wanita Aceh

Lestari99 Official Writer
4221

Sedikitnya 1.000 perempuan dari berbagai elemen masyarakat di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dilatih ketrampilan berinternet oleh PT Telkom setempat terkait peringatan hari Kartini 2009.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendalami tekhnologi bagi kaum perempuan, terutama terkait perkembangan internet di era globalisasi sekarang, apalagi internet kini sudah menjadi bagian dari kehidupan," kata kepala Telkom NAD Zarwilis di Banda Aceh, Kamis kemarin.

Para peserta yang mengikuti kegiatan selama tiga hari itu berasal dari elemen Forsikatel, Bhayangkari, Perit, Dharma Wanita dan ibu-ibu penggerak PKK di 23 kabupaten / kota seluruh Propinsi NAD, ujar Zarwilis yang didampingi Wakil Kepala Mochamad Ma'rufin.

Kegiatan yang dilaksanakan berkaitan dengan memperingati hari Kartini itu diharapkan membawa pesan perubahan "habis gelap terbit terang", sehingga reformasi juga bisa terjadi di kalangan kaum perempuan Aceh, termasuk dalam dunia maya (internet).

Menurut dia, kegiatan peningkatan ketrampilan internet kaum perempuan bertema "Facebook for Mam" yang diikuti 1.000 orang itu dilaksanakan secara bertahap. Untuk tahap pertama berlangsung di Banda Aceh, Lhokseumawe, Langsa dan Kabupaten Aceh Barat.

Zarwilis mengatakan, kegiatan yang baru pertama sekali dilakukan itu diharapkan dapat menggugah kaum perempuan untuk mempelajari dan memahami manfaat tekhnologi sebagai salah satu sarana meningkatkan pengetahuan secara cepat tanpa batas.

"Kami mengharapkan dapat terjadi perubahan signifikan di kalangan kaum perempuan dalam menguasai internet di Aceh sehingga pesan habis gelap terbit teran dari ibu Kartini bisa terwujud dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) propinsi ini lebih baik di masa mendatang," ujarnya.

Upaya memperkenalkan teknoloi internet bagi perempuan propinsi itu merupakan salah satu program terobosan yang dilakukan perusahaan telekomunikasi di daerah ini.

"Kami berupaya membangun dan meningkatkan kualitas SDM Aceh, termasuk kaum perempuan untuk menguasai tekhnologi internet. Hal ini dinilai penting bagi kecerdasan dan penguasaan teknilogi secara berkeadilan tanpa membatasi laki-laki dan perempuan," katanya.

Mari maju terus wanita Indonesia. Memperkenalkan tekhnologi kepada ibu-ibu melalui facebook sepertinya bisa menjadi alat yang ampuh untuk menciptakan masyarakat masa depan yang melek tekhnologi.

Sumber : antara
Halaman :
1

Ikuti Kami