China, Tidak Ada Pejabat Korup Bisa Lolos Hukuman

Nasional / 23 April 2009

Kalangan Sendiri

China, Tidak Ada Pejabat Korup Bisa Lolos Hukuman

Puji Astuti Official Writer
3213

Pemerintah China lakukan tindakan tegas terhadap para pejabatnya yang terbukti melakukan korupsi. Hal ini terlihat dari apa yang dilakukan Badan Disiplin China. Selama Juli 2003 hingga Desember 2008 mereka telah menghukum 881.000 pejabat dalam berbagai kasus indisipliner.

"Dari sejumlah itu sebanyak 852.000 merupakan kasus korupsi, penyuapan komersial, serta tindakan pelanggaran hukum atau indisiplin lainnya," demikian jelas Komisi Sentral Inspeksi Disiplin (CCDI) Partai Komunis China (CPC), seperti yang dilansir oleh China Daily di Beijinga pada Kamis (23/4) kemarin.

Dari berbagai kasus tersebut, 2.386 merupakan pejabat tinggi, dan 29.905 adalah pejabat di tingkat kabupaten. Sekitar 24.718 orang diantaranya saat ini telah dipindahkan ke badan hukum untuk menghadapi tuntutan hukum.

China sudah melakukan tindakan tegas terhadap kasus korupsi sejak Kongkres Nasional ke-16  pada tahun 2003. CCDI dan Kementrian Supervisi menangani secara ketat sejumlah kasus yang mencakup korupsi sejumlah pejabat tinggi, termasuk diantaranya ketua Partai CPC di Shanghai, Chen Liangyu dan mantan kepala Administrasi Makanan dan Obat Zheng Xiaoyu.

Presiden Hu Jiantao pada Januari tahun ini juga mendesak CCDI untuk "secara tegas memperbaiki sikap salah para pejabat" yang merugikan keinginan masyarakat. Presiden Hu juga menjanjikan tidak ada pejabat korup yang bisa lolos dari hukuman.

Sumber : Kompas/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami