Ada Bakmi Yu Nani Di Solo

Entertainment / 15 April 2009

Kalangan Sendiri

Ada Bakmi Yu Nani Di Solo

Tammy Official Writer
5180
\"BakmiTanyakan pada warga Solo, makanan apa yang cocok disantap saat siang yang terik maupun saat dinginnya hujan. Sebagian besar mungkin akan menjawab bakmi ketoprak. Meski menyandang nama hampir sama, bakmi ketoprak Solo sangat berbeda dengan mi ketoprak Jakarta. Mi ketoprak Jakarta berbahan lontong dengan bihun yang disiram sambal kacang tanah, sedangkan bakmi ketoprak di Solo terdiri atas irisan kubis, sosis, tahu, tempe, dan potongan daging dalam kuah kaldu. Di atasnya ditaburkan kacang tanah goreng dan kerupuk karak beras yang diremas-remas.

Rela Antri
Ke mana mencari bakmi ketoprak di Solo yang paling pas di lidah? Warung Bakmi Ketoprak Yu Nani-lah jawabnya. Pengalaman selama 40 tahun lebih meracik dan berjualan makanan khas Solo ini menjadikan warung kaki lima di pinggir jalan ini menjadi tujuan para penggemar bakmi ketoprak di Solo dan sekitarnya. Sejak buka pukul 10.30 hingga tutup menjelang maghrib, warung di pinggir Jalan Kartopuran 13 ini tak pernah sepi disambangi pembeli.

Layaknya sebuah tempat makan yang laris, jangan harap bisa bersantai sehabis menyantap hidangan di warung ini karena saat kita makan pun sudah diantri para pengunjung yang berdiri di belakang. Karena itu buru-burulah berdiri setelah menikmati sepiring bakmi ketoprak dan segelas es kelapa muda gula jawa kalau tidak mau dipelototi pengunjung lain yang sudah antri.

Kesan pertama melihat sepiring bakmi ketoprak adalah kesegaran masakan ini. Bayangkan, irisan daun kubis, tempe, tahu, potongan daging sapi terendam kuah kaldu yang berkilat-kilat. Biji-biji kacang tanah goreng dan remasan karak beras mengapung di atasnya, sementara itu irisan cabai rawit merah menjadi pelengkapnya.

Begitu menyendok dan memasukkannya ke dalam mulut, lidah akan langsung mencecap sebuah cita rasa segar dan ringan. Kuah kaldunya memberi sensasi kelezatan daging sapi yang khas. Sesekali biji-biji kacang tanah goreng yang tergerus gigi akan meninggalkan rasa gurih di mulut. Bagi yang suka pedas, masukkan irisan cabai rawit sebanyak-banyaknya sampai mulut "terbakar." Namun bagi yang kurang suka pedas, seujung sendok makan irisan cabai rawit merah sudah cukup, memberi rasa manda-manda atau istilah orang Solo klenying-klenying.

Selain soal pedas yang tergantung selera, pengunjung warung ini juga bisa memesan bakmi ketoprak komplet atau tanpa salah satu bahan racikannya. Bakmi ketoprak komplet terdiri atas irisan kubis, tempe, tahu, sosis daging dan potongan daging sapi. Jika mengkehendaki, pengunjung bisa mengurangi salah satu atau beberapa bahan. Misalnya tanpa irisan kubis atau tanpa tempe dan tahu.

Sudah 40 tahun, Bumbu Tak Berubah
Menurut Mbak Yuyun, cucu Yu Nani yang sekarang meneruskan usaha neneknya itu, bakmi ketoprak ini sudah ada lebih dari 40 tahun lalu. Sejak dulu lokasi berjualannya tak berubah, demikian pula bahan racikan dan bumbunya sehingga pelanggan setianya tak pernah komplain.

\"BakmiBagi warga Solo yang pernah menikmati segarnya bakmi ketoprak Yu Nani dan kini dalam perantauan, saat mudik ke Solo pasti menyempatkan diri datang ke warung ini untuk bernostalgia. Apalagi cita rasa dan cara penyajiannya tak berubah sedikit pun sejak puluhan tahun lalu. Iga Mawarni misalnya, penyanyi jazz ini kerap menyambangi warung Yu Nani kalau pas mudik ke Solo.

Tak hanya warga Solo, masyarakat di sekitar Solo yang pernah menikmati bakmi ketoprak Yu Nani dipastikan akan mampir ke warung ini kalau kebetulan ada acara di kota ini. Mobil-mobil bernomor polisi daerah di sekitar Solo yang setiap hari terlihat berjajar di sekitar warung ini menunjukkan pelanggan setia Bakmi Ketoprak Yu Nani bukan hanya masyarakat Kota Bengawan.

Mas-mas ganteng, mbak-mbak cantik, dan bapak ibu berpenampilan rapi itu tidak keberatan berdiri antri menunggu giliran duduk di bangku-bangku panjang warung Yu Nani. Mbak Yuyun, yang duduk di balik meja besar dengan ramah akan meracik bakmi ketoprak langsung di depan pengunjungnya.

Meskipun berada di tempat yang pengap dan kurang representatif, pengorbanan pengunjung yang antri menunggu giliran duduk akan terbayar lunas saat sepiring bakmi ketoprak terhidang di hadapannya. Dengan hanya membayar Rp6.000 untuk sepiring bakmi ketoprak pengunjung akan merasa puas meninggalkan warung sederhana ini.

BAKMI KETOPRAK YU NANI
Jl. Kartopuran 13, Solo.
Jam buka: 10.30 - 17.00.
Kapasitas tempat duduk: 15 orang.
Kisaran harga: Rp6.000 seporsi

Sumber : Agromedia
Halaman :
1

Ikuti Kami