Meraih Keuntungan Dengan Meminjam Produk

Investment / 11 April 2009

Kalangan Sendiri

Meraih Keuntungan Dengan Meminjam Produk

Puji Astuti Official Writer
3283

Saya bukan saja menggunakan segala otak yang saya miliki, melainkan juga segala otak yang mungkin saya pinjam. ~ Woodrow Wilson

Sebagian merek dan produk yang paling terkenal di dunia dipinjam dari orang lain atau tempat lain. Contohnya adalah minuman berenergi Red Bull atau bila di Indonesia lebih di kenal sebagai Krating Daeng. Krating Daeng sebenarnya merupakan minuman yang berasal dari Thailand. Seorang milyader asal Austria membeli lisensi dari perusahaan Thailand dan membuatnya popular di seluruh belahan dunia.

Untuk berhasil dalam sebuah usaha, Anda tidak harus menciptakan produk Anda sendiri. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan produk orang lain yang menurut Anda memiliki potensi untuk berhasil di jual di pasaran.

Ada dua pihak yang terlibat dalam transaksi untuk mendapatkan atau memberikan lisensi, yang pertama adalah "pemberi lisensi"  atau si pencipta produk yang dapat menjual produknya dengan kompensasi 3% hingga 10 % dari harga grosir untuk setiap unit yang terjual.  Dan yang kedua adalah orang yang berminat untuk menjual produk tersebut, atau pembeli. Disini pihak kedua ini, bisa saja Anda. Demi 90 - 97 % keuntungan dari harga eceran, menurut saya hal ini cukup menarik untuk di coba.

Akan tetapi mendapatkan lisensi adalah sesuatu yang membutuhkan negosiasi. Anda harus mampu melakukan negosiasi dengan kreatif  dengan pihak pertama. Setelah Anda berhasil melewati proses negosiasi, tahap selanjutnya adalah proses produksi, membangun system distribusi, menciptakan strategi pemasaran yang efektif hingga penanganan customer servis yang ramah.

Menciptakan permintaan itu bukanlah sebuah hal mudah, memenuhi permintaan itu lebih mudah. Jadi sebelum Anda memjual sebuah produk, pastikan Anda sudah menemukan sebuah pasar yang siap menyerap barang dagangan Anda.

Jika Anda merasa produk itu memiliki pangsa pasar dan memiliki kesempatan untuk sukses, buatlah sebuah tindakan. Bisnis adalah tentang melihat peluang dan menggunakannya sebaik mungkin. Jika Anda melewatkan kesempatan tersebut, mungkin saja, di waktu ke depan, ide Anda sudah dilihat orang lain dan mereka telah mencobanya lebih dulu. Dan seperti dugaan Anda, mereka berhasil.

Sumber : Berbagai Sumber/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami