Pesona Gudeg Yu Djum Di Kota Gudeg Yogyakarta

Entertainment / 8 April 2009

Kalangan Sendiri

Pesona Gudeg Yu Djum Di Kota Gudeg Yogyakarta

Tammy Official Writer
5535
Yu DjumYogyakarta identik dengan gudeg. Tak heran jika kota ini mendapat julukan Kota Gudeg. Takkan sulit mendapatkan gudeg di kota Yogyakarta, bahkan hingga ke pelosok kampung.

Di Yogyakarta ada dua macam gudeg yang dijajakan, yakni gudeg basah dan gudeg kering. Gudeg basah hanya tahan sekitar sehari, sedangkan gudeg kering tahan disimpan hingga lima hari. Jika Anda penggemar gudeg kering, jangan lewatkan Gudeg Yu Djum yang sudah sangat populer itu.

Yu Djum menyediakan tiga tempat untuk mendapatkan gudegnya. Satu di daerah sentra gudeg, yaitu Wijilan, tepatnya di sebelah selatan Plengkung Wijilan. Sementara yang dua lagi ada di Jalan Kaliurang KM 4,5, Karangasem CT III/22. Di pinggir Selokan Mataram yang berdekatan dengan kampus UGM, Anda akan menemukan plang nama Gudeg Yu Djum dengan gudeg-gudeg yang lain. Bentuknya rumah biasa. Bukan berupa restoran. Di tempat-tempat itu, Anda bisa makan di tempat, atau membawanya pulang sebagai buah tangan. Jika dibawa sebagai oleh-oleh, Anda bisa memilih, dibungkus dalam besek atau kendil.

Gudeg Yu DjumJika Anda berminat makan di tempat siapkan uang mulai Rp5.000 hingga Rp23.000. Namun untuk gudeg yang dibawa sebagai oleh-oleh tentunya lebih mahal, karena umumnya porsi lebih besar dan menu lebih komplet. Harganya berkisar Rp20.000 hingga Rp130.000.

Menu standar untuk gudeg adalah gudeg plus krecek. Bisa juga ditambah dengan ayam yang dijual per bagian dan telur yang telah dimasak pindang. Bisa juga Anda memilih ayam yang disuwir-suwir. Rasa Gudeg Yu Djum benar-benar legit, tapi rasa manisnya tidak membuat eneg. Ayamnya juga "nagih" karena dagingnya benar-benar empuk.

Jam buka Gudeg Yu Djum yang di Wijilan adalah 07.00 - 12.00 dan buka lagi pukul 13.00 - 17.00, sedangkan untuk yang di Jalan Kaliurang buka mulai pukul 05.00 - 19.00. Di Wijilan, lokasinya tidak begitu luas. Mereka yang datang, rata-rata memesan untuk dibawa pulang atau untuk oleh-oleh. Kapasitas tempat duduknya juga terbatas, kira-kira hanya menampung enam orang.

GUDEG YU DJUM
Jalan Wijilan (Plengkung Utara) dan Jalan Kaliurang KM 4,5 Karangasem CTIII/22,
Jam buka: 07.00-17.00 (Wijilan) dan 05.00-19.00 (Jalan Kaliurang),
Kapasitas tempat duduk: 6 orang (Wijilan), sekitar 20 orang (Kaliurang),
Kisaran harga: Rp5.000-Rp23.000 (makan di tempat) dan Rp20.000-Rp130.000 (dibawa pulang)

Sumber : Agromedia
Halaman :
1

Ikuti Kami