Rahasia Umur Panjang dari Seekor Gorilla

Serba-Serbi Sehat / 4 April 2009

Kalangan Sendiri

Rahasia Umur Panjang dari Seekor Gorilla

Lestari99 Official Writer
5964

\"\"Seekor gorilla yang dikenal sebagai hewan peliharaan tertua di dunia merayakan ulang tahunnya ke-55 dengan mengunyah fruit cake dingin berlapis empat yang terbungkus kulit pisang. Penglihatan gorilla yang diberi nama Jenny dan dipelihara di Dallas Zoo ini dilaporkan telah berkurang walaupun tergolong relatif masih baik untuk hewan primata itu.

"Ini merupakan prestasi besar bagi kami, " kata kurator pameran Wilds of Africa di Dallas Zoo. "Ini menandakan bahwa kami melakukan upaya besar dalam perawatan kesehatan hewan, nutrisi serta konservasi," jelasnya. The International Species Information System, yang memegang data hewan dari 700 kebun binatang di seluruh dunia, menyebut Jenny sebagai gorilla tertua di databasenya.

"Ini luar biasa," kata  Kristen Lukas, kurator konservasi dan sains Cleveland Metroparks Zoo di Ohio. Lukas menerangkan gorilla yang hidup di alam bebas biasanya hanya bertahan hidup hingga usia 30 sampai 35 tahun.

Perawatan kesehatan dan proteksi terhadap Jenny di Dallas Zoo telah turut berperan memperpanjang usianya. Dari sekitar 360 gorilla yang terdapat di sejumlah kebun binatan di Amerika Utara, hanya 4 gorilla saja yang masih bertahan hidup hingga usia 50 tahun. Seluruh gorilla tersebut adalah gorilla betina.

Jenny pernah melahirkan seekor gorilla betina bernama Vicky pada tahun 1965 sebelum anaknya itu dipindahkan ke Alberta, Kanada pada usia 5 tahun. Para petugas di Dallas Zoo tidak mengetahui nasib Vicky. Sejak saat itu, Jenny tidak lagi mempunyai keturunan.

Oleh mereka yang memeliharanya di  Dallas Zoo, Jenny digambarkan sebagai hewan yang senang berhadapan dengan manusia. "Jika tidak ingin keluar dari kandangnya pada hari tertentu, maka Jenny akan mengurung diri di kandangnya," kata Bowsher, salah satu perawat gorilla tersebut. 

Saat para perawatnya meletakkan fruit cake dingin di suatu tempat di kandangnya, Jenny dengan perlahan menghampiri kue tersebut. Jenny mengambil fruit cake ini dengan tangan kanannya sebelum duduk dan juga menggunakan tangan kirinya untuk mencomot bagian kue tersebut dan menyantapnya.

Gorilla dengan berat badan 95 kilogram itu lahir dengan tanggal yang tidak jelas pada tahun 1953 di Afrika tengah. Jenny sempat dirawat di kepulauan Cape Verde sebelum dipindahkan ke Dallas Zoo pada tahun 1957.

Lalu apa sebenarnya rahasia umur panjang Jenny? Pihak Dallas Zoo pun tidak bisa menjawabnya. Tetapi yang pasti adalah Jenny selama ini mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tubuhnya: biji-bijian, sereal, serta makanan favoritnya, kulit pisang.

Namun sayang semua hal itu sekarang tinggal kenangan. Gorila tertua itu ditemukan meninggal setelah melewati ulang tahunnya yang ke 55 setelah tinggal di kebun binatang tersebut selama lebih dari setengah abad.

Petugas kebun binatang memutuskan untuk menyuntik mati (euthanasia) Jenny karena tumor perutnya sudah tak bisa ditangani lagi. Juru bicara kebun binatang tersebut Sean Greene menuturkan, Jenny telah berhenti makan dan minum akhir-akhir ini dan hasil tes kesehatannya menunjukkan ia tak bisa disembuhkan lagi.

Menurut Sistem Informasi Spesies Internasional, gorila tertua saat ini yang masih hidup bernama Colo berusia 51 tahun di Kebun Binatang Columbus. Gorila betina itu adalah gorila pertama yang lahir saat ditangkap.

Dengan kematian Jenny, tinggal 4 gorilla yang dipelihara KB Dallas. Sebelumnya, gorila lain yang berusia 43 tahun bernama Hercules juga meninggal setelah dilakukan prosedur medis karena sakit tulang belakang di Kebun Binatang Dallas.

Pada 2004, kepolisian Dallas menembak hingga tewas gorila berusia 13 tahun yang bernama Jabari di kebun binatang karena ia melompat keluar tembok dan menggigit tiga orang serta merebut seorang bayi dengan giginya. Setelah kejadian itu, kandang diganti model dan pihak pemerintah membayar denda pada Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami