Hadapi Koalisi Golkar, Demokrat Gandeng PKB dan PAN

Nasional / 28 March 2009

Kalangan Sendiri

Hadapi Koalisi Golkar, Demokrat Gandeng PKB dan PAN

Budhi Marpaung Official Writer
3055

Mendekati tanggal pemilihan umum legislatif tanggal 9 April 2009  dan pemilihan Presiden bulan juli 2009 nanti, partai-partai politik di Indonesia mulai melakukan pendekatan antara satu dengan yang lain. Kali ini, partai yang sedang semangat melakukan pendekatan dengan partai-partai lain adalah Partai Demokrat (PD).

Partai Demokrat telah mempunyai dua partai lainnya yang telah menyetujui untuk melakukan koalisi dalam pemerintahan nantinya. Kedua partai yang telah menyetujui melakukan koalisi dengan Partai Demokrat adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Kesepakatan antara Partai Demokrat dengan kedua partai tersebut setelah terjadi pertemuan antara Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar  dan Ketua Umum PAN, Sutrisno Bachir.

Walaupun pertemuan para petinggi partai ini tidak dilakukan pada waktu dan tempat yang sama, tetapi mereka sepakat untuk menyamakan langkah terutama dalam menjalankan pemerintahan nantinya. Ketua DPP Partai Demokrat, Andi Malarangeng mengatakan bahwa Partai Demokrat akan terus melakukan pertemuan-pertemuan dengan partai-partai lainnya dalam rangka koalisi, terutama dengan partai-partai yang berada di dalam pemerintahan sekarang ini.

"Termasuk dengan parpol lain di luar pemerintahan. Kita terbuka dan siap bekerjasama dengan partai manapun," katanya.

Sumber : Antara/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami