Anak Buah Tersandung Kasus, Kevin Rudd Tolak Pecat Bawahan

Nasional / 28 March 2009

Kalangan Sendiri

Anak Buah Tersandung Kasus, Kevin Rudd Tolak Pecat Bawahan

Budhi Marpaung Official Writer
4324

Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd sepertinya orang yang tidak gampang menggonta-ganti kabinetnya. Salah satu buktinya adalah kasus skandal "Tur Gratis" yang dialami oleh Menteri Pertahanan Australia Joel Fitzgibbon.

Menhan Fitzgibbon menjadi sorotan publik karena kasus skandal ‘Tur Gratis" yang melibatkan salah satu pengusaha wanita Tionghoa, Helen Liu. Kasus ini terkuak setelah pihak "orang dalam" kementerian pertahanan Australia mematai-matai hubungan antara Menhan Fitzgibbon dan Helen Liu dan diketahui oleh media.

Menurut informasi, Helen Liu membiayai perjalanan luar negeri Menhan Joel Fitzgibbon ke Beijing dan Shanghai pada 2002 dan 2005 silam secara cuma-cuma alias gratis. Menhan Fitzgibbon yang pada saat itu duduk sebagai anggota parlemen dari Partai Buruh Australia (ALP) dimana pada saat itu ALP adalah partai oposisi Pemerintah. 

Menhan Fitzgibbon sendiri telah mengakui kesalahannya kepada media setempat dan meminta maaf karena tidak menyampaikan perihal perjalanan ketika itu. Sementara itu, PM Kevin Rudd yang mendengar permintaan maaf tersebut menyambut baik apa yang dilakukan oleh salah satu anak buahnya tersebut dan meyakini kinerja menteri pertahanannya tersebut. Hal ini diutarakan beliau ketika sedang melakukan lawatan resmi ke Amerika Serikat (AS), Jumat lalu (27/3).

Kasus skandal yang menimpa salah satu anggota Kabinet Pemerintahan PM Kevin Rudd digunakan oleh pihak oposisi untuk menyerang pemerintah. 

Pemimpin Oposisi Malcolm Turnbull seperti dikutip "Sky News" mengatakan publik sudah kehilangan kepercayaan pada Menhan Fitzgibbon dan kementerian pertahanan memerlukan seorang menteri yang dipercaya angkatan bersenjata.

Sumber : Antara/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami