Jelaskan Arti Pacaran Pada Anak Remaja Anda

Parenting / 21 March 2009

Kalangan Sendiri

Jelaskan Arti Pacaran Pada Anak Remaja Anda

agnes.faith Official Writer
5807

Secara Fisik orang yang bisa berpacaran sebaiknya diumur 20 keatas atau menurut berbagai pengalaman, saat yang baik adalah selepas SMA, sesudah menjadi mahasiswa atau bekerja. Karena biasanya pada saat ini pikiran dan perasaan seseorang sudah lebih matang.

Namun Anda tidak perlu membahas jumlah umur ditopik ini karena hal itu relative. Tetapi Anda fokuskan adalah kualitas rohani dan jiwa anak Anda.

Berikan pertanyaan 8 E ini untuk anak remaja Anda. Hal ini adalah penilaian diri kapan anak Anda bisa memutuskan mulai untuk berpacaran:

  • Etika = Bisakah aku membedakan yang benar dan yang salah. (pikiran, perasaan dan kehendak)?
  • Emosi = Bisakah aku mengendalikan perasaan anda (misalnya : Dorongan seksual dan perhatian berlebihan)?
  • Ekonomi = Bisakah aku membiayai proses berpacaran ku tanpa bergatung orang tua dan tidak merugikan orang lain dan diri sendiri? (misalnya: berhutang, minta uang orangtua untuk beli pulsa,  nonton di bioskop atau traktir pacar)
  • Ego = Bisakah aku melakukan sesuatu bukan untuk mencari keuntungan ku sendiri (misalnya: kepuasan sex, pacaran hanya untuk iseng atau cari pengalaman)?
  • Enjoy = Bisakah aku mengisi pacaran dengan hal-hal yang menyenangkan dengan cara yang postif, bukan dengan pacaran yang menghasilkan penyesalan?
  • Entertain = Bisakah aku berpacaran bukan karena takut dibilang jomblo ("kok belum punya pacaran?" atau "Kapan menikah?") atau untuk menyenangkan teman-teman dekatku?
  • Example = Bisakah aku menjadi teladan dalam berpacaran bukan menjadi batu sandungan bagi orang lain? (dalam perkataan dan perbuatan)
  • Evaluate = Bisakah aku menilai diriku dengan jujur, jika aku salah aku akan mengakui salah dan mau berusaha memperbaiki?

Orang-orang yang menjawab "BISA" pada keseluruhan pertanyaan ini, maka mereka siap berpacaran!

Jelaskan pada anak Anda bahwa 8E adalah sebuah keputusan dan itu terjadi bukan dengan Instan tetapi dalam sebuah proses. Dengan kata lain ada dari 8E tersebut yang harus mereka milki saat itu juga namun secara umum semua harus mereka kembangkan, tumbuhkan dan pelihara seiring keputusan mereka untuk berpacaran. Jika mereka merasa belum "bisa" melakukan semua kualitas itu mulailah dengan kata "mau melakukan" dan akhiri dengan "tetap melakukan"

Allah menghargai seseorang yang berpacaran dengan wanita atau pria yang tepat dengan cara yang tepat dan pada waktu yang tepat. Dan sebagai orangtua, Anda mempunyai kewajiban untuk mengontrol anak Anda sehingga tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

Sumber : gideonidea.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami