Mayoritas Pemilih, “Buta” Terhadap Caleg Mereka

Mayoritas Pemilih, “Buta” Terhadap Caleg Mereka

Budhi Marpaung Official Writer
3161

Sungguh berita mencengangkan. Pemilihan Umum (Pemilu) 9 April yang akan menentukan wakil rakyat di kursi dewan kehormatan (DPR) ternyata kurang dikenal oleh konstituen mereka. Hal ini dibuktikan dari hasil survei yang dibuat oleh Center for Strategic International Studies (CSIS) yang menyatakan bahwa hanya 30 persen dari calon pemilih di Pemilu ke depan nantinya mengenal calon wakil rakyat mereka.

Menurut Sunny Tanuwidjaja, peneliti CSIS, banyak dari calon pemilih di Pemilu ke depan nanti yang masih bingung memilih calon legislatif mereka. Hal ini disebabkan karena para calon wakil rakyat yang didaftarkan di suatu daerah, berasal dari luar daerah mereka terutama untuk caleg di DPR. Namun, dari hasil survei ini juga terungkap bahwa pemilih di suatu daerah memiliki kecenderungan untuk memilih angota legislatif yang berasal dari daerah mereka sendiri. 

Hasil survei yang dikeluarkan oleh CSIS juga mencatat mengenai tingkat partisipasi politik masyarakat. Menurut data survei terakhir yang mereka buat, tingkat partipasi politik masyarakat terhadap Pemilu nantinya cukup tinggi. Hal ini berarti bahwa masyarakat Indonesia masih antusias terhadap pesta rakyat yang diadakan 5 tahunan.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami