AS: Iran Terbukti Tak Produksi Senjata Nuklir

Nasional / 12 March 2009

Kalangan Sendiri

AS: Iran Terbukti Tak Produksi Senjata Nuklir

agnes.faith Official Writer
3299

 

 

Iran belum terbukti mempunyai cukup uranium untuk memproduksi hulu ledak nuklir. Keterangan ini disampaikan oleh Direktur Intelijen Nasional AS Dennis Blair dan Direktur Badan Intelijen Pertahanan AS Letjen Michael Maples di hadapan Kongres di Washington.

Komentar tersebut bertentangan dengan klaim yang disampaikan pejabat intelijen militer terkemuka Israel, Mayor Jenderal Amos Yadlin, akhir pekan lalu. Dengan mengaku menggunakan data intelijen AS, Amos Yadlin memperkirakan Iran paling cepat dapat memproduksi senjata atom pada 2010.

Sementara itu, Maples menjelaskan, AS dan Israel menginterpretasi fakta intelijen yang sama, tetapi mencapai kesimpulan yang berbeda terhadap program nuklir Iran itu. "Israel lebih terlihat khawatir akan masalah ini," kata Maples dalam keterangannya di hadapan Komite Angkatan Bersenjata Senat AS.

Status program nuklir Iran telah menjadi bahan perdebatan publik antarpejabat militer dan intelijen terkemuka belakangan menyusul dikeluarkannya hasil investigasi tim pencari fakta PBB terhadap program nuklir Iran.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami