Bebaskan Diri Anda Dari Kecanduan Kerja

Career / 10 March 2009

Kalangan Sendiri

Bebaskan Diri Anda Dari Kecanduan Kerja

Puji Astuti Official Writer
3833

Apakah Anda sering membawa pekerjaan pulang kerumah bahkan saat Anda sedang liburan? Hal ini adalah tanda-tanda bahwa Anda kecanduan kerja atau workaholic. Seringkali sangat sulit bagi seseorang untuk lepas dari kecanduan kerja. Hal tersebut dapat menghancurkan pernikahan seseorang, merusak kesehatan Anda dan bahkan bisa mengakibatkan Anda mengalami kejenuhan.

Untuk Anda yang merasa kecanduan kerja dan tak bisa lepas dari hal tersebut, ikutilah tips berikut ini:

Langkah 1: Bicarakan dengan bos Anda.

Langkah pertama ini penting dalam pemulihan Anda untuk bisa lepas dari workaholic. Anda perlu membicarakan jadwal kerja dan tanggung jawab Anda dalam pekerjaan Anda dengan pemimpin Anda. Jelaskan keadaan Anda, dan kebutuhan Anda untuk meluangkan waktu bagi kegiatan pribadi. Bos dan Anda bisa menentukan bersama apa yang seharusnya menjadi prioritas Anda.

Langkah 2: Fokus pada tujuan jangka panjang Anda.

Bersama berjalannya waktu dan kehidupan Anda, bisa saja Anda kehilangan apa yang menjadi fokus jangka panjang kehidupan Anda. Fokuskan pandangan Anda kepada hal tersebt kembali, hal ini sangat penting, sehingga Anda tidak kehilangan hasrat Anda.

Langkah 3: Berhenti membawa pekerjaan pulang ke rumah.

Pekerjaan Anda dimulai saat Anda masuk kantor dan harus berhenti saat Anda keluar kantor. Jadi hentikan kebiasaan Anda menghabiskan waktu dimalam hari dengan bekerja di depan laptop Anda. Beri waktu Anda bersama dengan keluarga Anda. Bekerja di luar jam kantor jangan pernah dijadikan kebiasaan.

Langkah 4: Pulihkan kembali hubungan Anda yang terbengkalai.

Dari keseluruhan langkah pemulihan Anda, hal ini harus menjadi prioritas Anda. Keberadaan Anda bagi teman, sahabat, pasangan dan keluarga sangat penitng. Mungkin ada kekecewaan di masa lalu, ataupun hal-hal yang tak mengenakkan. Perbaikilah, dan mulai bangun kembali hubungan dengan orang-orang yang Anda kasihi.

Langkah 5: Mulailah sebuah hobi

Jangan hanya menonton tv atau tidur terlalu awal sepulang kerja. Isilah waktu senggang Anda dengan aktivitas menyenangkan. Hobi adalah sesuatu yang akan membantu Anda melepaskan kepenatan .

Langkah 6: Berolahraga.

Olahraga akan membantu Anda meningkatkan vitalitas tubuh anda dan membuat  Anda lebih percaya diri serta bersemangat. Usahakan melakukan olahraga berkelompok atau di fitness center sehingga Anda bisa sambil berinteraksi dengan orang lain.

Langkah 7: Tidur dan makan teratur.

Orang yang gila kerja cenderung makan dan tidur secara tidak teratur. Untuk itu, perbaiki pola makan dan tidur Anda. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan sehat dan tidur yang cukup.

Langkah 8: Pergilah keluar saat jam istirahat.

Pastikan waktu istirahat makan siang Anda pergi keluar kantor. Jangan sarapan, makan siang dan makan malam di meja kerja Anda. Dengan pergi keluar kantor, dan menghirup udara segar akan membuat pikiran Anda lebih fresh.

Langkah 9: Berhenti menjadi seseorang yang perfeksionis.

Banyak orang menjadi workaholic karena dirinya adalah seorang perfeksionis. Berhenti merasa bersalah karena tidak bisa mencapai standar yang telah Anda tetapkan. Belajarlah untuk hidup lebih rileks.

Langkah 10: Gunakan jatah cuti Anda.

Ambilah cuti dan berliburlah. Gunakan waktu ini untuk bersentuhan dengan hal-hal yang paling penting dalam hidup Anda.

Ingatlah bahwa Anda bukan hidup untuk bekerja saja, pekerjaan hanyalah salah satu hal yang Anda lakukan dalam hidup ini. Jika Anda terus dengan kecanduan kerja ini, dapat dipastikan Anda akan berakhir dengan mati muda dan tidak bisa menggenapi rencana Allah dalam hidup Anda.

Sumber : Askmen/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami