Indonesia Bantu 1 Juta Dolar Kebakaran Australia

Nasional / 12 February 2009

Kalangan Sendiri

Indonesia Bantu 1 Juta Dolar Kebakaran Australia

Puji Astuti Official Writer
3480

Sebagai bentuk solidaritas Indonesia atas musibah kebakaran yang terjadi di Australia, Indonesia berencana memberikan bantuan berupa dana sebesar USD1 juta beserta tenaga ahli forensik.

"Bantuan ini diberikan berdasarkan hasil konsultasi pemerintah Indonesia dengan pemerintah Australia beberapa waktu lalu. Presiden juga sudah berhubungan dengan PM Kevin Rudd," ujar Dino Patti Djalal Staff Khusus Presiden Bidang Luar Negeri di Kantor Presiden, Rabu (11/2/2009).

Namun demikian Dino belum bisa menjelaskan secara terperinci mengenai berapa jumlah tenaga ahli forensik yang akan diberangkatan dan kapan akan diberangkatkan.

"Untuk teknis silahkan tanya ke Mabes Polri," kata Dino.

Bantuan ini penting mengingat selama ini kerja sama Indonesia-Australia berjalan dengan baik. Selain itu Australia juga selalu memberikan bantuan kepada Indonesia ketika dilanda bencana seperti tsunami di Aceh.

"Bahkan satu tentara Australia tewas saat gempa bumi di Nias. Australia juga memberikan bantuan USD1 miliar untuk rekonstruksi di Aceh," tukas Dino.

Bantuan dana di atas, lanjut Dino dimaksudkan untuk merehabilitas bangunan-bangunan sekolah yang terbakar. Meski tidak bisa memenuhi semua dana yang dibutuhkan, setidaknya dana itu bisa meringankan. Dino juga tidak menjelaskan dari pos anggaran mana uang bantuan itu berasal.

"Yang pasti anggaran pemerintah," pungkasnya.

Indonesia memang tidak berkelebihan, namun belajar memberi dalam keadaan kekurangan bukanlah sesuatu yang buruk. Jika sebelumnya pemerintah juga mengirim bantuan untuk Palestina, dan kini untuk Australia, semoga saja anggaran belanja negara tidak harus gali lobang tutup lobang dengan berhutang lagi ke negara lain.

Sumber : Okezone/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami