Orang-Orang Tertua Di Dunia Meninggal Dunia

Serba-Serbi Sehat / 14 January 2009

Kalangan Sendiri

Orang-Orang Tertua Di Dunia Meninggal Dunia

Lestari99 Official Writer
6504

\"\"Setelah melewati tiga zaman, pria tertua di AS telah meninggal dunia di California pada usia 112 tahun.

Seperti dilaporkan Sacramento Bee, Senin (29/12), George Rene Francis, yang didaftar sebagai pria tertua di Amerika oleh Kelompok Riset Gerontologi di Los Angeles, meninggal karena gagal jantung, Sabtu, di sebuah tempat perawatan di Sacramento.

Bee melaporkan, Francis adalah seorang pria kulit hitam yang lahir di New Orleans pada 6 Juni 1896 dan tumbuh di Selatan. Francis mengatakan kepada surat kabar itu dalam satu wawancara belum lama ini bahwa ia telah memilih dengan bangga Barack Obama pada Pemilu AS, 4 November lalu; Obama akan menjadi presiden AS keturunan Afrika pertama ketika ia dilantik 20 Januari.

"Saya pikir ia besar karena ia hitam," kata Francis kepada Bee. "Karena orang berkulit putih mengira Negro itu tak akan pernah maju. Saya kira itu indah."

Francis, yang meninggalkan sekolah setelah tingkat keenam pernah berkarier sebagai petinju. Ia pindah ke California pada 1948 dan mendapat pekerjaan sebagai sopir, mekanik mobil, dan tukang cukur. Istrinya, Josephine, telah meninggal pada 1963, setelah 46 tahun perkawinan.

Bee melaporkan bahwa Francis hidup dengan empat anak, 19 cucu dan lebih dari 30 cicit. Dengan kematian Francis, warga Montana bernama Walter Breuning menjadi pria tertua negara itu dengan usia 112 tahun dan 98 hari. Sementara itu, Wanita tertua Amerika adalah Gertrude Baines dari Los Angeles, yang berusia 114 tahun.

\"\"Orang tertua yang masih hidup adalah Maria de Jesus dari Portugal, yang berusia 115 tahun, yang lahir pada 10 September 1893, menurut Kelompok Riset Gerontologi.

Namun hal itu tidak berlangsung lama, karena Maria de Jesus (115), yang diyakini sebagai perempuan tertua di dunia, meninggal dunia Jumat (2/1) waktu setempat atau Sabtu (3/1). Ia meninggal di sebuah ambulans di Kota Tomar, Portugal, atau sekitar 135 km sebelah utara Lisabon.

Maria de Jesus tercatat di Guinness Book of World Records sebagai orang tertua di dunia. Dengan meninggalnya de Jesus, rekor manusia tertua di dunia kini berada di tangan Gertrude Baines yang saat ini tinggal di panti jompo Los Angeles, Amerika Serikat.

Lahir 10 September 1893, de Jesus menjanda pada usia 57. Ia mempunyai enam anak, 11 cucu, dan 16 cicit. Ketika meninggal, tepatnya ia berusia 115 tahun 114 hari.

"Pada Jumat pagi, de Jesus masih terlihat sarapan seperti biasanya, tetapi kemudian dibawa ke rumah sakit karena ada pembengkakan," kata salah satu anak perempuannya, Maria Madalena. Tidak ada penjelasan lebih rinci soal penyakit de Jesus.

"Saya sangat terkejut mendengar kematiannya. Beliau benar-benar seorang yang sangat manis," kata Konselor Ivo Santos di Tomar.

Menurut peneliti gerontologi dari Universitas California, Dr Stephen Coles, saat ini tercatat secara resmi 82 perempuan dan sembilan pria berusia di atas 110 tahun. Akan tetapi, diperkirakan ada ratusan lain di China, India, dan Afrika, yang belum terdata oleh para peneliti gerontologi tersebut. Sebab, peneliti ini hanya mencatat usia seseorang berdasarkan akte kelahiran dan dokumen lain berkait dengan usia seseorang.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami