Tips Sebelum Menjadi Nasabah Bank

Investment / 13 January 2009

Kalangan Sendiri

Tips Sebelum Menjadi Nasabah Bank

Lestari99 Official Writer
3185

Mungkin sekarang Anda berpikir, apa yang harus dipertimbangkan ketika kita membuka rekening di sebuah bank? Setiap bank tentu miliki kelebihan dan kekurangan. Namun, beberapa alasan ini mungkin bisa menjadi bahan pemikiran dalam memilih bank yang memudahkan hidup Anda.

1. Pastikan bank yang Anda pilih memiliki fasilitas lengkap agar Anda bisa dengan mudah melakukan berbagai transaksi. Misalnya, memiliki layanan pembayaran mulai dari kartu kredit (bukan hanya kartu kredit yang dikeluarkan pihak bank), telepon, telepon selular, PLN, PAM, teve kabel, internet, asuransi, dan lain sebagainya.

2. Sebaiknya bank memiliki kantor cabang dan ATM di tempat-tempat yang mudah Anda jangkau, baik di kawasan rumah ataupun tempat kerja. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam mengurus dokumen tabungan jika sewaktu-waktu ATM atau buku tabungan hilang.

3. Akan lebih menyenangkan lagi jika bank pilihan Anda juga memiliki fasilitas phone banking, internet banking atau bahkan SMS banking. Dengan begitu, Anda tak perlu repot pergi ke bank untuk melakukan berbagai pembayaran. Hitung-hitung mengurangi biaya perjalanan bolak-balik ke ATM atau bank dan lebih aman.

4. Tak perlu tergiur dengan gebyar hadiah yang banyak ditawarkan bank-bank. Percuma saja jika Anda membuka banyak rekening tapi tak ada isinya. Anda takkan memenangkan hadiah tersebut. Lagipula, ingat, banyak rekening sama dengan banyak biaya Administrasi dan pajak yang harus dibayar tiap bulan.

5. Makin bagus lagi jika bank memiliki program tabungan berjangka atau jenis tabungan lainnya untuk mengakomodir kebutuhan Anda menabung tanpa diganggu penarikan tunai sewaktu-waktu.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami