Menjadi Smart Investor Di Paper Asset

Investment / 12 January 2009

Kalangan Sendiri

Menjadi Smart Investor Di Paper Asset

Puji Astuti Official Writer
4067

Salah satu investasi yang menjanjikan penghasilan yang menggiurkan adalah saham. Namun dengan hancurnya berbagai pasar modal beberapa waktu ini, banyak orang akan berpikir ribuan kali untuk mencoba investasi yang satu ini.

Berinvestasi di pasar modal, sudah terpatri dalam pikiran banyak orang sebagai sesuatu yang beresiko besar, bahkan seringkali dikatakan sebagai ‘judi.' Beberapa orang mengatakan bahwa investasi yang satu ini hanya cocok untuk ‘risk taker.' Namun para penulis buku "Smart Investment for Mega Profit," tidak menyebutnya sebagai risk taker tapi risk calculator, yaitu orang yang memperhitungkan  rewardnya, dikalikan dengan probabilitynya. Para risk calculator adalah investor yang berinvestasi dibidang paper asset atau saham dengan cara yang smart, bukan untung-untungan.

Sama seperti investasi di bidang apapun, sebuah investasi memiliki resiko rugi. Namun kabar baiknya, investasi di bidang saham tidak semengerikan berbagai cerita yang beredar, jika Anda tahu rahasia yang satu ini. Yaitu investasi saham yang mempunyai asuransi lindung nilai.

Asuransi lindung nilai tidak dapat Anda peroleh pada bisnis, karena tidak seorangpun bisa menjamin bahwa bisnis Anda tidak akan mengalami kerugian yang dikarenakan berbagai sebab.

Asuransi lindung nilai juga tidak berlalu pada property. Mungkin Anda bisa mendapatkan asuransi kebakaran, gempa bumi, dan huru-hara. Namun tidak ada seorangpun yang akan menjamin kerugian Anda akibat salah memilih lokasi ataupun karena perubahan kebijakan pemerintah.

Namun saat ini ada yang mau menjamin asuransi lindung nilai pada paper asset atau saham. Asuransi lindung nilai ini akan melindungi nilai saham dari penurunan nilai karena alasan apapun juga. Apapun sebab penurunan saham tersebut, baik karena kinerja perusahaan ataupun karena perekonomian memburuk, ataupun oleh karena sebab-sebab yang lainnya.

Untuk memperoleh asuransi lindung nilai ini tentunya Anda harus membayar premi, sama seperti pada asuransi. Besarnya premi tersebut tergantung dari harga saham, harga pertanggungan, jangka waktu dan lain-lain.

Dengan cara investasi tradisional, yaitu membeli saham saja, jika harga saham turun, bahkan mencapai 0, maka si investor akan mengalami kerugian total. Namun seorang smart investor, yang membeli saham dengan asuransi lindung nilai, jika harga saham turun menjadi 0, dia akan mengalami kerugian hanya sejumlah premi asuransi yang dibayarkannya. Sedangkan jika saham naik, maka sama seperti investor tradisional, smart investor pun mendapatkan keuntungan yang tak terhingga sesuai dengan kenaikan nilai sahamnya.

Dari hal ini kita bisa lihat bahwa sebagai seorang risk calculator, Anda menjadi seorang smart investor karena dengan membeli saham dan juga asuransi lindung nilai-nya, maka Anda bisa menikmati profit tanpa batas, namun dilain pihak Anda hanya bisa rugi sebatas premi yang Anda bayarkan. Dengan cara ini, Anda bisa berinvestasi di paper asset atau saham tanpa stress dan bisa tetap tidur nyenyak dalam keadaan apapun. Jadi, apakah Anda ingin mencoba smart investasi ini?

Sumber : Smart Investment For Mega Profit/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami