Vatikan Setujui Pengunduran Diri Kepala Uskup Cina

Internasional / 2 January 2009

Kalangan Sendiri

Vatikan Setujui Pengunduran Diri Kepala Uskup Cina

Puji Astuti Official Writer
3970

Kardinal Joseph Zen mengatakan bahwa pihak Vatikan telah menyutujui keputusannya untuk mengundurkan diri sebagai kepala keuskupan Hong Kong tahun depan untuk dapat mempunyai lebih banyak waktu guna mengamati gereja-gereja Katolik di daratan Cina.

"Saya tidak mengundurkan duri untuk beristirahat," kata Zen kepada wartawan di Hong Kong Rabu lalu. "Gereja di Daratan Cina sangat besar dan rumit." Terkadang Paus meminta saya untuk memberikan nasihat, untuk itu saya perlu lebih banyak waktu untuk melakukan penelitian.

Zen mengatakan bahwa dia tidak akan campur tangan dalam hubungan antara Cina dan Vatikan, karena hal itu merupakan urusan diplomatik di luar jangkauan wewenangnya.

Hong Kong dan Makau adalah satu-satunya tempat di Cina di mana Gereja Katolik Roma diijinkan. Umat Katolik di daratan tersebut pernah dipaksa untuk memutuskkan ikatan dengan Vatikan pada 1951, sesaat setelah secara resmi Partai Komunis yang atheis berkuasa.

Ibadah hanya dapat dilakukan di gereja yang dikuasai oleh pemerintah, yang mana mereka mengakui Paus sebagai pemimpin rohani namun mereka mengangkat pendeta dan uskup mereka sendiri. Meskipun demikian, ada sekitar jutaan orang yang merupakan anggota jemaat tidak resmi yang tetap setia kepada Roma.

Kardinal yang berusia 76 tahun ini, merupakan seorang yang kerap mengkritik keras Beijing dan merupakan seorang pendukung demokrasi yang sangat kuat, dia mengatakan kemungkinan dia akan pensiun di pertengahan 2009 akan tetapi "tanggal resminya" baru akan diumumkan kemudian."

Uskup John Tong ditetapkan untuk menggantikan tempat Zen sebagai kepala keuskupan yang baru.

Sumber : Christianpost.co.id/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami