Hawa Negatif Ekonomi AS Tekan Harga Minyak

Nasional / 24 December 2008

Kalangan Sendiri

Hawa Negatif Ekonomi AS Tekan Harga Minyak

agnes.faith Official Writer
3276
NEW YORK, RABU - Harga minyak sempat merosot hingga di bawah 38 dollar AS per barrel saat beredar laporan penurunan produk domestik bruto serta tingkat penjualan rumah di AS yang mengisyaratkan kemungkinan memburuknya resesi ekonomi di negeri Paman Sam. Laporan yang dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan AS menunjukkan tingkat penjualan rumah November menurun hingga ke angka terendah dalam kurun hampir 18 tahun terakhir dan harga rumah baru anjlok ke nilai terendah dalam 8 bulan.

"Pasar energi bereaksi pertama-tama pada laporan kelesuan ekonomi dan nampaknya mereka mengantisipasi kemungkinan yang lebih buruk di masa mendatang," kata analis minyak Peter Beutel dari Cameron Hanover. Harga minyak mentah telah anjlok 73 persen sejak Juli seiring dengan adanya pemutusan hubungan kerja massal serta penurunan tingkat konsumsi energi.

Dari bursa komoditas New York Mercantile Exchange, kontrak pengiriman minyak mentah light, sweet turun 93 sen serta ditutup pada 38, 98 dollar AS per barrel setelah sempat merosot hingga 37,79 dollar AS per barrel.

Sumber : kompas/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami