Sepatu Dilemparkan Ke Bush Ditawar Rp 1,1 Miliar

Sepatu Dilemparkan Ke Bush Ditawar Rp 1,1 Miliar

Tammy Official Writer
3704
Sepasang sepatu yang dilemparkan ke arah Presiden AS George W Bush rupanya menjadi barang berharga. Beberapa laporan koran lokal di Irak menyebut, mantan pelatih kesebelasan nasional Irak Adnan Hamad menawarkan harga 100.000 dollar AS (sekitar Rp 1,1 miliar) untuk mendapatkan sepasang sepatu itu.

Putri Pemimpin Libya Muammar Kaddafi, Aicha, mengatakan, lembaga sosialnya akan memberikan penghormatan berupa medali keberanian dan menyatakan, aksi itu "kemenangan bagi hak asasi manusia".

Lembaga sosial Libya itu menyeru media agar mendukung Zaidi dan menekan Pemerintah Irak agar membebaskannya.

Bush-ZaidiZaidi yang tinggal di Baghdad telah bekerja untuk Al-Baghdadia selama tiga tahun. Muzhir al-Khafaji, direktur program stasiun televisi tersebut, menggambarkan, Zaidi merupakan pria berpikiran terbuka dan orang Arab yang bangga".

Menurut Al-Khafaji, Zaidi lulusan jurusan komunikasi dari Baghdad University. "Dia tidak punya kaitan dengan rezim lama dan keluarganya tidak ditahan di bawah rezim Saddam," ujarnya.

Zaidi pernah diculik oleh gerilyawan dan dua kali diinterogasi oleh pasukan Amerika di Irak. Pada bulan November dia diculik oleh kawanan bersenjata saat menuju tempat kerja di Bagdhad dan dibebaskan tiga hari kemudian tanpa uang tebusan.

Dia mengatakan saat itu bahwa para penculik memukuli dia sampai pingsan dan menggunakan dasinya untuk menutupi kedua matanya. Zaidi tidak pernah mengetahui jati diri kawanan penculik yang menanyai dia soal pekerjaannya sebelum membebaskan dirinya.

Memang, untuk melakukan tindakan tersebut kepada presiden dari sebuah negara adikuasa merupakan tindakan yang berani. Tetapi masih ada opini lain menganggap tindakan Zaidi tidaklah merubah apa-apa. 

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami