Obama Memilih Pemenang Nobel Sebagai Sekretaris Energi

Nasional / 17 December 2008

Kalangan Sendiri

Obama Memilih Pemenang Nobel Sebagai Sekretaris Energi

Tammy Official Writer
3871
Barack Obama telah menyebutkan bahwa pemenang Nobel Fisika, Steven Chu sebagai sekretaris energi-nya dan menugaskan dia untuk mencari alternatif lain selain energi fosil.

Presiden AS terpilih tersebut mengatakan prioritas administrasi terbaru adalah mengakhiri ketergantungan AS akan minyak asing dan melawan pergantian iklim. Barack Obama memang telah berjanji untuk mengadakan perubahan besar dalam kebijaksanaan-kebijaksanaan lingkungan.

Meskipun sedang terjadinya krisis ekonomi, Obama telah berjanji untuk membuat isu lingkungan sebagai prioritas dengan janji yang ambisius yaitu menciptakan 2,5 juta pekerjaan baru.

"Kita semua tahu masalah-masalah yang mengakar akan ketergantungan kita pada minyak asing," ujar Obama dalam satu waktu konferensi pers. "Itu mendesak perekonomian kita, menggeser kesejahteraan ke rezim-rezim bermusuhan dan meninggalkan kita tergantung pada daerah-daerah yang tidak stabil."

Ia menambahkan ada banyak kesempatan tak terbatas untuk menciptakan pekerjaan-pekerjaan baru di industri lingkungan.

Steven ChuSekretaris energi yang terpilih sendiri adalah spesialis energi dan direktur dari Lawrence Berkeley Laboratorium Nasional.

Dr. Chu adalah pemimpin di bidang melawan pergantian iklim dengan menggunakan metode-metode sains.

Ia membagikan Hadiah Nobel 1997 untuk fisika atas pekerjaannya mendinginkan dan memperangkap atom-atom menggunakan sinar laser.

Sumber : bbc.co.uk/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami