Anak Osama Bin Laden Ajukan Suaka Politik

Nasional / 8 November 2008

Kalangan Sendiri

Anak Osama Bin Laden Ajukan Suaka Politik

Puji Astuti Official Writer
3799

Permohonan suaka politik dari salah seorang anak Osama bin Laden telah ditolak otoritas Spanyol, demikian juru bicara Kementerian Dalam Negeri Spanyol, Kamis.

Omar bin Laden yang berumur 20-an tahun, turun dari pesawat selama transit di Bandara Internasional Baraja, Madrid, dan mengajukan suaka politik kepada pemerintah Spanyol.

Omar sudah berulangkali meminta ayahnya, Osama bin Laden, untuk meninggalkan terorisme.

Omar menyiapkan permohonan suaka politiknya dibantu oleh seorang penerjemah dengan menyerahkan surat resmi permintaan suaka pada pukul 1 dinihari waktu Spanyol.

Kementerian Dalam Negeri Spanyol memiliki waktu 72 jam (3 hari) untuk menjawab permohonan itu, namun mereka malah berusaha mendapatkan pandangan dari Komisi Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR) mengenai permohonan suaka anak Osama bin Laden ini.

UNHCR ternyata menyarankan pemerintah Spanyol untuk menolak suaka politik itu, demikian sang juru bicara Kementerian Dalam Negeri Spanyol. Tak ada keterangan mengapa UNHCR menolak suaka Omar bin Laden.

UNHCR dan pemerintah Spanyol dikabarkan tidak mendapatkan alasan mengapa Omar bin Laden mengajukan suaka politik.

Omar sebenarnya sedang menuju Kairo, Mesir, dan mendarat di Madrid hanya untuk transit sebelum menuju Casablanca, Maroko, sebagai tujuan akhir penerbangan. 

Permintaan suaka politik itu sendiri sangat mengejutkan pemerintah Spanyol.

Belum lama ini, Omar bin Laden yang menikahi seorang perempuan berkewarganegaraan Inggris, juga telah mengajukan permohonan suaka serupa ke Inggris namun juga ditolak Inggris karena memegang paspor Arab Saudi.

Omar bin Laden masih punya kesempatan memperbaiki permohonan suaka politiknya ke Spanyol, sedangkan pemerintah Spanyol mempunyai waktu 48 jam untuk memprosesnya.

Tahun lalu, 7.664 orang telah mengajukan suaka politik kepada Spanyol, namun pemerintah hanya meluluskan 560 orang saja.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami