Ajaib, Bayi Di Luar Rahim Lahir Dengan Selamat

Serba-Serbi Sehat / 1 November 2008

Kalangan Sendiri

Ajaib, Bayi Di Luar Rahim Lahir Dengan Selamat

Lestari99 Official Writer
11031

\"\"Seorang dokter ahli kandungan di Australia melaporkan suatu kejadian luar biasa.  Dokter Andrew Miller berhasil menolong kelahiran seorang bayi perempuan yang ternyata tumbuh dan berkembang di luar rahim ibunya selama masa kehamilan.

Seperti dilaporkan AP, bayi bernama Durga Thangarajah ini lahir melalui proses operasi sesar di Darwin Private Hospital. Lahir dengan berat 6 pon 3 ons,  Durga kini dalam kondisi sehat. 

Bayi ajaib ini diyakini mampu berkembang secara normal selama 9 bulan di bagian kanan ovarium sang ibu. Embrio Durga tumbuh dan membuat jaringan organ tersebut meggelembung seperti kertas tipis.

Menurut keterangan Miller, peluang sebuah janin masuk dan kemudian berkembang dalam ovarium tercatat 1:40.000.  Namun begitu, kemungkinan  kehamilan tersebut dapat menghasilkan bayi sehat hampir mustahil.

"Tentu saja ini adalah kejadian yang luar biasa dan  saya tidak tahu ada orang yang pernah melihat kehamilan dalam ovarium seperti yang kami punya di sini.  Saya membantu kelahiran sekitar 520 bayi  per tahun dan belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya," jelasnya.

Kehamilan yang dalam istilah medis disebut ektopik, di mana janin berkembang di luar rahim, biasanya berawal dari telur yang telah dibuahi masuk ke dalam tuba falopi yang menghubungkan ovarium dengan uterus. Kondisi \"\"itu menyebabkan kesehatan bahkan nyawa sang ibu terancam karena kecenderungan janin akan menyebabkan rasa sakit dan pendarahan.  Kondisi ini biasanya  berujung dengan kasus keguguran atau dokter merekomendasikan untuk menggugurkan.

Miller mengatakan, pada kasus ajaib ini  kondisi tersebut tidak terdeteksi karena sang ibu, Meera Thangarajah (34), tidak pernah melakukan pemeriksaan USG pada awal kehamilan ataupun mengalami masalah selama proses kehamilan. Bahkan, hingga menjelang operasi pada Kamis kemarin, Meera masih yakin bahwa ia akan melahirkan bayi normal yang dibungkus rahim, selain ia juga memang berniat mengambil jaringan tumor atau fobroid yang telah dideteksi melalui scan.

Tak lama setelah Miller melakukan pembedahan untuk mengangkat apa yang dikiranya sebagai fibrois, ternyata tumor tersebut adalah rahim, sedangkan sang bayinya  berada dalam ovarium.

"Dan Anda tidak akan percaya bahwa bayi,  walau hanya dengan pergerakan normal, berada dalam kantung (ovarium) yang tidak mudah pecah. Lapisan kantungnya begitu tipis sehingga Anda bisa melihat rambut bayi," papar Miller. "Dia sangat beruntung berada di sini bersama bayinya, Durga, pada pagi ini," tambah Miller.

Sementara itu ayah bayi, Ravi Thangarajah, mengatakan, istrinya tidak pernah memiliki keluhan atau keanehan selama hamil. "Kami datang ke sini pukul 06.30 dan berharap akan menjalani operas sesar seperti yang direncanakan. Dokter kandungan dan dokter anak mendatangi saya dan mengatakan kelahiran ini seperti sebuah mukjizat," ujarya kepada Nine Network.

Sumber : kompas / yahoo
Halaman :
1

Ikuti Kami