Tips Memilih Ikan, Tahu Dan Tempe Tanpa Formalin

Solusi Sehat / 7 October 2008

Kalangan Sendiri

Tips Memilih Ikan, Tahu Dan Tempe Tanpa Formalin

Lestari99 Official Writer
11483

Masih adanya pemakaian bahan pengawet berbahaya seperti formalin dan boraks tidak perlu disikapi berlebihan oleh konsumen. Sebagai konsumen yang cerdas, penampilan ikan berpengawet formalin atau boraks bisa dilihat dengan kasat mata.

Cara memilih ikan yang bebas formalin dan boraks :

  • - Ikan segar biasanya justru dikerubuti lalat. Jika tidak, Anda malah boleh curiga.
  • - Perhatikan kondisi daging dan insangnya. Bila daging masih segar, sementara insangnya sudah merah kecoklatan, Anda harus curiga. Daging yang segar alami biasanya diikuti insang ikan yang juga merah segar.

Bagaimana kalau ikan berformalin terlanjur terbeli? Apakah tidak boleh dikonsumsi? Formalin atau boraks yang melekat pada tubuh ikan bisa dihilangkan dengan cara mencucinya sampai bersih sebanyak enam kali. Dari penelitian laboratorium, cara ini bisa mengurangi kandungan formalin di tubuh ikan secara signifikan.

Memilih Tahu Dan Tempe Yang Baik

Ketika memilih tahu, pilih yang kekenyalannya normal. Tahu yang terlalu kenyal kemungkinan menggunakan formalin. Jangan pilih yang berbau asam atau berlendir. Sedangkan ketika memilih tempe, pilih yang baunya segar dan kedelainya padat.

Menyimpan tahu sebaiknya direbus dulu sebentar agar fermentasinya terhenti sehingga tidak asam rasanya. Simpan dalam wadah tertutup di lemari pendingin. Sementara tempe harus dibungkus rapat saat disimpan di lemari pendingin. Tempe tidak tahan lama. Sebaiknya tidak disimpan lebih dari dua hari.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami