Pemadam Kebakaran Bandung Terima Puluhan Telepon Iseng

Nasional / 4 October 2008

Kalangan Sendiri

Pemadam Kebakaran Bandung Terima Puluhan Telepon Iseng

Puji Astuti Official Writer
4343

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung setiap lima menit menerima sekitar duapuluh telepon iseng atau per harinya menerima puluhan telepon yang tidak jelas asal-usulnya hingga mengganggu kelancaran bekerja petugas.

"Namun demikian kami tetap merespon siapapun yang berbicara dan menindaklanjuti dengan melakukan cek dan ricek," kata Wakil Komandan Peleton Soegianto, di Bandung, Senin.

Biasanya dinas pemadam akan menghubungi kembali orang yang menelepon dan memeriksa kebenaran informasi yang dilaporkan, dan jika tidak benar maka petugas tidak akan menindaklanjutinya, ujar Soegianto.

Ia mengatakan, banyaknya telepon yang hanya berdering satu kali dan terjadi puluhan kalinya setiap hari membuat telepon di dinas itu selalu bernada sibuk dan menyulitkan warga yang ingin melaporkan kejadian.

"Khusus untuk perusahaan yang telah bergabung dengan smart alarm maka kami akan segera mengetahui jika di suatu lokasi terjadi kebakaran," katanya.

Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda saat inspeksi mendadak ke Kantor Dinas Pemadam Kebakaran mengimbau masyarakat untuk tidak bermain-main dengan meneror para petugas.

"Jelas petugas menjadi malas mengangkat telepon jika telepon berdering terus tanpa lawan bicara mengucap satu patah kata pun," kata Ayi.

Ayi yang menyaksikan banyaknya telepon iseng tersebut meminta pada petugas untuk selalu mengangkat telepon meskipun meyakini bahwa yang menelpon hanya orang yang tidak bertanggungjawab.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami