Produsen AS Periksa Produknya Yang Beredar di Indonesia

Nasional / 2 October 2008

Kalangan Sendiri

Produsen AS Periksa Produknya Yang Beredar di Indonesia

Puji Astuti Official Writer
4718

Dua produsen makanan Amerika Serikat menyelidiki pernyataan pihak berwenang Indonesia yang menyebut ditemukan melamin pada Oreo wafers, M&Ms, dan Snickers yang diimport dari Cina.

Badan Pengawas Obat dan Makanan, BPOM, sebelumnya mengatakan belasan produk yang terkontaminasi didistribusi secara nasional, termasuk produk-produk yang populer tersebut.

Kraft Foods Inc. dan Mars Inc. mengatakan mereka menganut kebijakan menarik produknya dari pasar namun menegaskan produk yang sama sudah dinyatakan bebas dari melamin di kawasan Asia Tenggara lainnya.

"Kami telah meminta kedua mitra dagang dan pengecer untuk menunda penjualan produk tersebut sejalan dengan petunjuk BPOM," kata Bondan Ardi, jurubicara Mars di Indonesia kepada kantor berita AP.

Kedua produsen Amerika itu juga membuka kemungkinan bahwa yang masuk ke Indonesia itu adalah produk yang palsu.

Dan keduanya mengatakan akan melakukan uji coba sendiri dengan bantuan ahli independen atas produk-produk bersangkutan.

Hong Kong tarik Cadbury

Produsen coklat Cadbury memutuskan untuk menarik 11 produk mereka dari toko-toko di Hong Kong.

Manajemen Cadbury untuk kawasan Asia Pasifik, mengatakan pemerintah Hong Kong menarik produk itu sebagai tindakan berjaga-jaga.

Pemerintah tidak mengumumkan secara rinci jenis produk coklat yang terkontaminasi oleh bahan kimia.

Kasus produk susu di dunia ini dipicu oleh tewasnya 4 bayi di Cina akibat susu bubuk bayi yang terkontaminasi oleh melamin. Puluhan ribu lainnnya menderita sakit.

Cadbury kawasan Asia-Pacific mengatakan 11 produk mereka diproduksi di pabrik milik mereka di Beijing dan didistribusikan di Hong Kong.

Yang diproduksi di Cina itu antara lain Cadbury Eclairs, coklat gelap dan susu, serta coklat dengan kacang maupun produk-produk yang sengaja dibuat untuk Tahun Baru Cina, yang jatuh Februari tahun depan.

Sumber : bbc.com/vm
Halaman :
1

Ikuti Kami