Demi Anak Laki-laki, Nenek 70 Tahun Lahirkan Anak Kembar

Serba-Serbi Sehat / 1 October 2008

Kalangan Sendiri

Demi Anak Laki-laki, Nenek 70 Tahun Lahirkan Anak Kembar

Lestari99 Official Writer
9096

\"\"Ini mungkin bisa dianggap sebagai sebuah keajaiban India. Seorang nenek berusia 70 tahun masih sanggup mengandung dan melahirkan anak, kembar lagi.

Dengan usia seuzur itu, Omkari Panwar bisa dianggap sebagai ibu tertua di dunia. Namun, gelar yang mungkin dianugerahkan secara resmi itu sama sekali tidak pernah terlintas di benaknya. Begitu juga dengan sang suami, Charan Singh Panwar (77).

Pasangan ini telah mengerahkan seluruh tenaga dan dananya untuk mempunyai bayi laki-laki sebagai penerus keturunan melalui program bayi tabung. Mereka menjual sejumlah ternak sapi, menjaminkan tanah, menguras seluruh tabungan dan mengambil kredit di bank. Namun semua itu  terbayar ketika Ny. Panwar melahirkan anak kembar, laki-laki dan perempuan, melalui bedah caesar di Rumah Sakit Gangga Ram Muzaffarnagar, tujuh jam perjalanan dari New Delhi, 24 Juni lalu. Si kembar dalam keadaan sehat meski lahir sebulan lebih cepat dan beratnya sekitar 1 kg.

Pasangan Panwar itu sebenarnya telah punya dua anak perempuan yang sudah dewasa dan lima cucu. Namun, mereka masih memerlukan anak laki-laki agar mendapat mahar bila kawin nanti dan mampu menggarap tanah mereka. "Selama delapan bulan hamil saya tidak bisa tenang dan rasanya sangat menyakitkan. Namun saya pernah melahirkan, jadi saya tahu apa yang akan terjadi. Kadang Anda harus mengalami kesakitan jika menginginkan sesuatu yang baik," kata Ny. Panwar.

\"\"Suaminya menambahkan, "Setidaknya kami sekarang punya anak laki-laki dan pewaris. Kami memuji Tuhan, pergi ke orang suci dan mengunjungi tempat suci dan berdoa agar diberi keturunan pewaris. Perawatan (kehamilan) menguras harta, tapi kelahiran anak laki-laki itu membuat semuanya terbayar. Saya bisa meninggal sebagai seorang laki-laki bahagia dan ayah yang bangga."

Ny. Panwar yang tidak punya akta kelahiran menggunakan tahun kemerdekaan India, 1947, sebagai patokan. Ia ingat, saat Inggris meninggalkan India dia baru berusia sembilan tahun, artinya sekarang ia berusia 70 tahun.

Ny. Panwar diberitahu bahwa ia telah memecahkan rekor dunia ketika berbaring di ranjang besi di rumah salah satu putrinya. Sebelumnya, Adriana Illiescu dari Romania melahirkan pada usia 66 tahun pada 2005 lalu, juga melalui program bayi tabung. "Saya tidak tahu itu. Tapi itu tidak banyak berpengaruh pada saya. Saya belum melihat anak-anak saya karena mereka dibawa ke rumah sakit anak ketika saya belum sadar," katanya.

"Menjadi ibu tertua di dunia tidak berarti bagi saya. Saya hanya ingin melihat anak-anak saya dan merawat mereka selagi masih bisa," tuturnya.

Ahli kebidanan, Nisha Malik, yang membantu melahirkan si kembar di Muzaffarnagar mengatakan, "Saya terkejut ketika nenek ini mengaku hamil. Saya telah bekerja selama 20 tahun, tapi tidak pernah menghadapi kasus seperti ini," katanya.

Sumber : dailymail (kompas.com)
Halaman :
1

Ikuti Kami