Tony Blair Mencari 30 Duta Lintas Agama

Internasional / 29 September 2008

Kalangan Sendiri

Tony Blair Mencari 30 Duta Lintas Agama

Puji Astuti Official Writer
5282

Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair telah meluncurkan sebuah program International untuk mencari 30 orang anak muda sebagai duta lintas agama yang akan menjalani perjalanan selama 10 bulan untuk program "Millenium Development Goals" dari Perserikatan Bangsa-bangsa.

"Sebagai pembuat perubahan untuk generasi saat ini dan juga generasi mendatang, anak-anak muda memiliki kesempatan memiliki sebuah pandangan baru untuk saling berinteraksi antar agama yang berbeda, dengan memusatkan perhatian pada kesejahteraan orang-orang paling miskin didunia ini," demikian Blair ucapkan dalam pernyataan resminya.

 

Ke 30 orang duta antar agama ini yangberumur antara 18 - 25 tahun nantinya akan diperlengkapi selama dua bulan dengan pelatihan yang didalamnya termasuk terjun kelapangan.

 

Setelah selesai menjalani 8 bulan berikutnya, anak-anak muda itu akan kembali kenegaranya masing-masing, untuk memobilisasi anak-anak muda dinegaranya untuk meninggkatkan kesadaran dan mempromosikan fokus tujuan melenium ini dari PBB, yaitu memerangi kematian yang disebabkan penyakit malaria.

 

Menurut statistik, 500 juta orang terjangkit penyakit ini tiap tahunnya, dan satu juta diantaranya mati - dan sebagian besar dari mereka berada di Afrika dan berumur dibawah lima tahun. Fokus tujuan melenium yang menjadi program PBB ini diharapkan dapat dicapai pada tahun 2015.

 

Apa yang perlu dilakukan, kata Tony Blair, yaitu tindakan nyata dengan belas kasihan dari umat beragama. "Bersama-sama kita tunjukkan bahwa ‘Iman itu adalah tindakan nyata," tambahnya.

 

Pada Mei 2008 lalu, Tony Blair meresmikan the Tony Blair Faith Foundation yang mempromosikan saling menghormati dan pengertian antara agama-agama utama yang ada  serta berbicara tentang iman dengan menunjukkannya dalam tindakan baik dalam kehidupan moderen saat ini.

 

Yayasan ini bekerjasama dengan Kristen, Muslim, Yahudi, Hindu, Sikhs dan Budha, selain itu juga bekerjasa dengan organisasi lain untuk memobilisasi berbagai kelompok umat untuk melakukan tindakan dalam memerangin malaria.

 

Seperti yang dinyatakan Tony Blair, iman ditunjukkan dalam tindakan kasih yang nyata. Hal itu tidak membutuhkan sesuatu yang besar, namun tindakan-tindakan sederhana pada sesama kita. Kepedulian kepada orang lain, belaskasihan, dan tangan yang terulur.

Sumber : Christian Post/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami