Susu Formula Bayi Dari Cina Beracun

Nasional / 16 September 2008

Kalangan Sendiri

Susu Formula Bayi Dari Cina Beracun

Puji Astuti Official Writer
5416

Susu formula bayi dari Cina dinyatakan ilegal di Amerika Serikat (AS) dan tidak boleh digunakan.

USFDA (Badan pengawas obat dan makanan AS) mengemukakan bahwa meski penjualan sudah dilarang, kemungkinan ada susu formula buatan Cina yang masuk ke pasaran negara itu dan ditujukan untuk warga keturunan Cina.

"Kami khawatir ada pasokan susu formula bayi yang masuk secara gelap dan dipasarkan untuk komunitas Cina," kata Janice Oliver dari FDA sebagaimana diberitakan Reuters pertengahan pekan ini.

Penyelidikan yang dilakukan oleh FDA pada tahun 2004 menemukan susu formula asal Cina di toko-toko barang etnis. Namun, saat ini FDA sudah tidak menemukan bukti adanya susu formula Cina itu di toko-toko.

Pemerintah Cina pada hari Kamis mengemukakan bahwa susu formula yang tercemar telah membunuh seorang bayi dan menyebabkan batu ginjal pada puluhan bayi lainnya yang telah meminum produk itu.

Zat pencemar ditemukan pada susu merek Sanlu, ungkap kementerian kesehatan Cina.Sanlu Group telah menarik susu formula itu sebelum 6 Agustus.

FDA khawatir susu formula itu kemungkinan tercemar melamine, zat yang juga telah membunuh atau membuat sakit ratusan kucing dan anjing peliharaan di AS pada tahun 2007.

FDA sudah menghubungi lima pabrik susu formula AS yang telah mendapat pengesahan dari badan tersebut. Mereka semua menyatakan tidak menggunakan bahan-bahan dari Cina.FDA menyatakan susu formula buatan AS aman untuk dikonsumsi.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami