Gitar Gosong Jimi Hendrix Laku 498.000 Dolar

Nasional / 6 September 2008

Kalangan Sendiri

Gitar Gosong Jimi Hendrix Laku 498.000 Dolar

Puji Astuti Official Writer
4400

Gitar pertama yang dibakar di pentas oleh legenda rock Jimi Hendrix pada 1967 terjual dengan harga 280.000 pound atau 498.000 dolar dalam lelang memorabilia rock di London, Kamis.

Penulis lagu, penyanyi dan gitaris AS tersebut, yang meninggal dunia pada 1970 dalam usia 27 tahun, membakar gitar Fender Stratocaster itu pada akhir pertunjukannya di Astoria, Finsbury Park, utara London, pada Maret 1967, demikian menurut DPA dan AFP.

Petugas bagian properti segera memadamkan api, sedangkan Hendrix mendapat perawatan akibat ulahnya, dan petugas humasnya Tony Garland menyimpan alat musik itu di garasi rumah orang tuanya di Inggris selatan.

Hendrik kemudian menjadi terkenal akibat aksi bakar gitarnya di panggung, namun alat musiknya itu tetap tak bisa ditemukan sampai tahun lalu ketika gitar itu ditemukan oleh kemenakan Garland.

Setelah melalui sesi penawaran yang sengit pada lelang Fame Bureau`s It`s More Than Rock And Roll di Idea Generation Gallery, London timur, gitar buatan 1965 itu akhirnya terjual dengan harga di atas harga perkiraannya 250.000 pound.

Gitar itu masih tampak gosong setelah dibakar di pentas dalam show Hendrix.

Ted Owen, direktur akuisisi pada perusahaan memorabilia rock Fame Bureau, yang menggelar acara lelang, melukiskan aksi Hendrix sebagai "aksi yang menentukan dan bersejarah dalam penampilan langsung."

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami